iOS 15 Dirilis, Apa Saja Fitur Terbarunya?

access_time 4 bulan yang lalu

Raksasa teknologi Amerika Serikat, Apple baru saja merilis iOS 15 dalam pembaruan perangkat lunaknya. Bahkan, pembaruan ini diklaim dapat menunjang kehidupan banyak orang pasca pandemi.

Peluncuran software terbaru milik Apple ini dipresentasikan secara virtual pada Apple Worldwide Developers Conference (WWDC). Apa saja fitur terbaru yang mereka tawarkan kali ini?

Fitur-Fitur Baru iOS 15

iOS 15
TechRadar

Dalam perilisannya kali ini, Apple membawa cukup banyak perubahan yang signifikan pada iOS 15. Beberapa fitur baru seperti panggilan video di FaceTime dan kunci digital di Wallet dinilai dapat membantu pengguna hidup pada pasca pandemi.

FaceTime dengan Pengguna Selain Apple

iOS 15
CNN

Apple menawarkan opsi baru bagi pengguna untuk menonton film dan mendengarkan musik bersama melalui FaceTime. Bentuk grid yang baru juga diperkenalkan supaya dapat menampilkan setiap wajah dengan lebih baik.

Bahkan, kabarnya pengguna Android dan Windows juga sudah dapat bergabung dalam panggilan FaceTime.

Kita semua bertemu menggunakan panggilan video untuk hampir semua hal,” kata SVP rekayasa perangkat lunak Apple, Craig Federighl.

Apple Pay Bisa untuk Kunci Rumah dan Mobil

iOS 15
Apple Insider

Tak hanya itu, Apple juga membuat kehadiran iOS 15 ini semakin membantu para penggunanya. Mereka memperkenalkan dompet selulernya yang bisa membuka kunci rumah sampai kamar hotel dengan kunci digital di aplikasinya.

Bahkan kunci digital ini juga dapat digunakan pada mobil. Menurut Vice President layanan internet dan Apple Pay, Balley mengatakan fitur ini akan dapat dipergunakan di mobil BMW pada akhir 2021 nanti.

Menyimpan KTP di Apple Wallet

Apple Wallet
Digital Trends

Apple juga membuat penggunanya tak perlu khawatir lagi akan ketinggalan membawa kartu identitas. Pasalnya, baik KTP atau SIM pengguna dapat di-scan dalam aplikasi Apple Wallet.

Penyimpanannya pun dalam bentuk terenkripsi. Pihak perusahaan pun telah bekerja sama dengan TSA untuk menggunakan tanda pengenal digital pada pemeriksaan di bandara.

Fokus, Fitur Baru Bagi Pengguna yang Sering Terpaku Pada Layar

Tak bisa dipungkiri, situasi pandemi membuat banyak kegiatan kita yang dilakukan di balik layar. Bagi mereka yang masih sering terpaku pada layar, Apple pun memperkenalkan fitur baru yang dinamakan “Fokus”.

Fitur ini akan memungkinkan penggunanya untuk memilih berita yang ingin mereka terima, dan dari siapa dalam satu hari.

Pengguna juga dapat menyalakan mode “kerja” dan dapat memilih hanya menerima notifikasi dari orang-orang pilihan seperti rekan kerja, email kerjaan, atau notifikasi penting lainnya.

Dengan Fokus, Anda dapat mengukir waktu di hari Anda untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi,” kata Federighl.

_

Udah siap update iPhone kalian ke iOS 15?

close

iOS 15 Dirilis, Apa Saja Fitur Terbarunya?

Search
close