Instagram Uji Coba Hilangkan Jumlah Likes, Pengguna Indonesia Sudah Kena

access_time 2 tahun yang lalu

Instagram tengah memulai uji coba menghilangkan jumlah “likes” pada postingan di aplikasinya.

Langkah ini telah di uji coba di berbagai negara seperti Australia, Brazil, Irlandia, Italia, Kanada, Jepang, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

Indonesia juga menjadi salah satu negara yang dapat giliran uji coba ini. Sejumlah pengguna di Indonesia akan secara acak mendapat pembaruan ini.

Para pengguna akan mendapatkan kebagian uji coba penyembunyian likes ini dengan mendapatkan notifikasi berupa pop-up. Salah satu pengguna asal Indonesia yang telah mendapatkan uji coba ini adalah @Makemac.

Source: Instagram

Setelah muncul “notifikasi” ini, pengguna nggak akan bisa melihat hitungan likes dari posting pengguna lain secara publik. Perubahan ini pun akan terjadi secara default dan nggak bisa diatur sendiri oleh pengguna yang bersangkutan.

Tulisan likes nyatanya tidak benar-benar hilang. Dimana pemilik akun masih bisa melihat berapa jumlah likes yang didapat oleh sebuah postingan, namun pengguna lainnya tidak bisa melihatnya.

Angka likes sendiri sebenarnya nggak benar-benar hilang, tapi disembunyikan secara privat. Pemilik akun masih bisa melihat likes yang didapat oleh sebuah posting, namun pengguna lain nggak bisa melihatnya.

Instagram menjelaskan bahwa penyembunyian jumlah likes ini mengurangi kompetisi jumlah likes di Instagram dan akan lebih fokus pada konten yang diunggah.

“Kami bersedia membuat keputusan yang merugikan bisnis jika itu bisa membantu kesejahteraan dan kesehatan masyarakat,” ujar bos Instagram, Adam Mosseri, pada Wired25.

 

Image Source: [Techcrunch]

close

Instagram Uji Coba Hilangkan Jumlah Likes, Pengguna Indonesia Sudah Kena

Search
close