Instagram Luncurkan Fitur untuk Cegah Ujaran Kebencian dan Pelecehan

Instagram Luncurkan Fitur untuk Cegah Ujaran Kebencian dan Pelecehan
access_time 7 bulan yang lalu

Langkah baru untuk menyiasati ujaran kebencian dan pelecehan

Ujaran kebencian dan pelecehan online kini sedang menjadi pembahasan di dunia maya. Hal ini sangat mengganggu banyak orang, karena belum ada penyelesaian. Namun, jangan khawatir untuk warga Instagram saat ini, karena akan diatasi dengan fitur baru.

Dengan fitur baru tersebut, pengguna akan bisa menyaring kata, frasa bahkan emoji, untuk menghindari pesan-pesan yang tidak diinginkan.

instagram
Via Giphy
Baca juga: FaceApp: Punya Rupa Cantik, Ternyata Sosok Ini adalah Bapak-Bapak Berusia 50 Tahun

Ujaran kebencian dan pelecehan lewat DM akan bisa disaring

Langkah ini diambil instagram untuk melawan penyalahgunaan aplikasi tersebut mengingat penggunanya adalah remaja dan dewasa muda.

Dengan sistem filter tersebut, pengguna bisa menghindari kata, frasa dan emoji yang mereka tidak inginkan. Nantinya, fitur tersebut dapat diaktifkan lewat pengaturan privasi.

Nggak cuma itu, pengguna Instagram juga bisa melaporkan, menghapus dan membuka pesan yang akan diurutkan ke dalam forlder khusus untuk pesan yang tersaring.

instagram
Via Giphy
Baca juga: Chindogu, Seni Menciptakan Penemuan Aneh yang “Hampir Berguna”

Bisa membatasi DM dan komentar

Instagram juga merilis fitur yang akan mempersulit seseorang yang telah Anda blokir untuk menghubungi Anda lagi melalui akun baru mereka.

Jika akun seseorang dinonaktifkan karena melanggar aturan kami, kami akan menghapus akun baru yang mereka buat setiap kali kami mengetahuinya,” kata Instagram.

Selain itu, praktek ujaran kebencian dan pelecehan yang muncul di kolom komentar juga disiasati Instagram lewat fitur baru tersebut.

Jika Anda pengguna akun publik, Anda memiliki opsi untuk mengizinkan komentar dari orang tertentu yang Anda ikuti atau yang mengikuti Anda,” kata Instagram.

Sesuai pernyataan resmi perusahaan, peluncuran di beberapa negara baru akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang.

instagram
Via Giphy
close

Instagram Luncurkan Fitur untuk Cegah Ujaran Kebencian dan Pelecehan

Search
close