Instagram Hadirkan Fitur Pin Komentar, Minimalisir Membaca ‘Hate Speech’

access_time 1 tahun yang lalu

Dalam rangka memerangi komentar negatif, Instagram luncurkan fitur pin komentar

Instagram tahun ini terlihat sangat produktif dengan hadirnya fitur-fitur baru yang semakin melengkapi aplikasinya.

Kali ini, Instagram kembali menghadirkan fitur baru, yaitu pin komentar. Sebelumnya fitur ini pernah diuji coba pada Mei 2020 lalu dan sekarang sudah bisa digunakan para penggunanya.

Fitur Pin Komentar

Instagram
via Instagram

Fitur baru ini nantinya bisa lo gunakan untuk meletakkan tiga komentar favorit ke barisan paling atas di kolom tersebut.

Pin komentar ini sebenarnya sengaja dirancang Instagram untuk memungkinkan orang yang mengunggah konten lebih mengontrol tone thread komentar melalui highlighting positivity.

Sehingga fitur ini juga dianggap efektif dalam meminimalisir membaca tanggapan atau komentar yang negatif dan kasar di dalam kolom komentar. Tidak hanya itu, Instagram juga telah merancang sistem yang akan menghapus secara otomatis komentar negatif yang sudah ada selama dua bulan.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Instagram
via Instagram

Untuk memaksimalkan fitur ini, pastikan dulu lo mengerti cara menggunakannya.

Setelah memilih komentar ter-favorit menurut lo, geser ke kiri komentar tersebut untuk menampilkan opsi report, delete, dan reply. Nah sekarang di sisi paling kiri dari ketiga opsi tersebut, lo akan melihat pilihan pushpin.

Hari ini kami meluncurkan komentar tersemat di mana-mana. Artinya, Anda dapat menyematkan beberapa komentar di bagian atas feed post dan mengelola percakapan dengan lebih baik,” kata Instagram dari halaman resminya.

Upaya Instagram Melawan Komentar Negatif

CEO Instagram - Adam Mosseri
via Business Insider

Ternyata beberapa tahun terakhir ini dihabiskan Instagram untuk berusaha memperbaiki alatnya dalam rangka memerangi pelecehan, penyalahgunaan, dan informasi yang salah. Ini menjadi salah satu inisiatif CEO Instagram, Adam Mosseri.

Instagram pun lebih memfokuskan diri terhadap kolom komentar yang penggunaannya meningkat secara signifikan. Maka dari itu pihaknya saat ini telah menggunakan sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) untuk secara langsung bisa memblokir komentar negatif tersebut.

Namun, sebelumnya Instagram akan memberikan peringatan sebelum mereka mengunggah teks yang dianggap negatif dan bersifat kasar tersebut.

_

Well done, Instagram! Sekarang udah banyak banget komentar-komentar negatif yang semakin lama tidak terkontrol gerak geriknya.

Bebas berpendapat, tapi harus bertanggung jawab!

close

Instagram Hadirkan Fitur Pin Komentar, Minimalisir Membaca ‘Hate Speech’

Search
close