close

Instagram Hadirkan Fitur ‘Pesaing’ TikTok! Apa Nama Fitur Tersebut?

Instagram Hadirkan Fitur 'Pesaing' TikTok! Apa Nama Fitur Tersebut?
By Stanley Joewono
access_time 2 minggu yang lalu Comments

‘Sudah diperkenalkan sejak tahun lalu.’

Instagram sebenarnya sudah memperkenalkan fitur tersebut sekitar satu tahun lalu bagi para pengguna di Brazil. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna untuk merekam video bedurasi 15 detik dengan tambahan musik atau audio sebagai background dan kemudian membagikannya pada platform tersebut.

via TechCrunch

Mulai hari ini, Instagram memperluas jaringan fitur tersebut ke beberapa negara lain seperti Prancis dan Jerman.

‘Reels’ siap saingi platform TikTok

Fitur tersebut diberi nama Reels oleh Instagram, di mana fitur tersebut sebenarnya memiliki banyak kesamaan dengan TikTok.

Reels juga menghadirkan beberapa ‘set‘ dari ‘editing tools‘ yang akan mempermudah pengguna untuk membuat video mereka menjadi semaki kreatif, sebut saja countdown timer dan pilihan untuk bisa mengatur cepat atau lambatnya video.

via TechCrunch

Setelah menjalankan beberapa test pada pengguna di Brazil, Instagram mendapatkan sebuah kesimpulan kalau hal di atas merupakan kunci penting dalam kesuksesan fitur Reels.

Lebih dari ‘Instagram Stories.’

Awalnya Reels direncakanan hanya bisa dibagikan lewat instagram story, namun pada akhirnya muncul keputusan untuk memungkinkan Reels dibagikan secara lebih luas kepada para followers dan teman lainnya.

Instagram community bahkan kabarnya akan menyiapkan ‘space‘ khusus bagi Reels dan hal tersebut akan mempermudah orang-orang untuk menonton Reels milik orang lain.

via TechCrunch

Dengan ekspansi yang baru dilakukan di Jerman dan Prancis, Reels saat ini lebih dari sekedar story sharing, melainkan sudah tampil pada halaman profile maupun explore.

Seperti dilansir dari TechCrunch, nantinya orang akan bisa mendapatkan audiens baru lewat fitur pesaing TikTok ini.

Source : TechCrunch

Reels sendiri sebenarnya bukan fitur pertama yang dikeluarkan untuk bisa menyaingi TikTok, sebelumnya ada Lasso nampu bisa dibilang gagal menarik perhatian para pembuat konten.

Meski saat ini sudah ada beberapa negara yang mendapatkan fitur tersebut, Instagram belum menyebutkan secara detail kapan pastinya Reels akan bisa digunakan secara global.

Ya semoga saja dalam waktu dekat yah, aneh soalnya melihat orang share konten TikTok tapi di Instagram 🙂

close

Instagram Hadirkan Fitur ‘Pesaing’ TikTok! Apa Nama Fitur Tersebut?