Instagram Bantah Algoritmanya Prioritaskan Foto Seksi, Ini Penjelasannya

access_time 1 tahun yang lalu

Tidak setuju dengan hasil riset, Instagram akan merilis informasi lebih lengkap tentang algoritma mereka

Sekarang ini, mungkin Instagram jadi salah satu media sosial yang paling sering digunakan setiap harinya. Selain digunakan untuk mengunggah foto atau video, Instagram juga menjadi salah satu sarana untuk mencari relasi dan mendapatkan penghasilan.

Nah, baru-baru ini ada sebuah riset yang membuktikan bahwa algoritma Instagram memprioritaskan unggahan foto-foto seksi. Riset ini dirilis langsung melalui Algorithm Watch dan European Data Journalism Network (EDJNet).

via Giphy

Dalam hasil ristenya, EDJNet menggunakan sampel pengguna di Eropa yang menemukan halaman timeline Instagram didominasi 50 persen oleh foto wanita berpakaian renang dan pria bertelanjang dada.

Mereka menggunakan riset kepada 37 relawan dari 12 negara, 14 di antaranya berjenis kelamin pria. Para relawan ini dipilih karena menggunakan Instagram untuk mengiklankan suatu merek.

Instagram membantah

A woman looks at the Instagram page of Saudi influencer Ragda Bakhorji, in Dubai on April 7, 2020. - The coronavirus may have forced the Gulf's social media
via AFP

Namun, hal ini terdengar ke telinga pihak Instagram dan mereka pun membantah hasil riset ini.

Baru-baru ini, ada sebuah studi yang menyatakan bahwa Instagram secara spesifik memprioritaskan sebuah konten karena konten tersebut mengandung sedikit unsur ketelanjangan. Studi tersebut tidak benar,” kata representatif Facebook Company di Indonesia dilansir dari CNN Indonesia.

Instagram pun menerangkan bagaimana cara mereka menampilkan postingan mereka, dimana itu semua berdasarkan ketertarikan, aktualitas postingan, dan faktor lain untuk menemukan konten yang paling relevan dengan penggunanya.

via Giphy

Selain itu, Instagram juga mengatakan bahwa riset yang dilakukan Alogithm Watch dan EDJNet hanya menggunakan sebagian kecil dari pengguna Instagram. Terutama hanya penggunanya yang di Eropa.

Semakin sering pengguna berinteraksi dengan sebuah tipe postingan tertentu, Instagram juga akan semakin sering menampilkan tipe konten serupa bagi pengguna,” lanjut Instagram.

Instagram berani keluarkan informasi algoritma

Algoritma Instagram di 2020, Begini Cara Kerja di Feeds dan ...
via International Design School

Untuk membuktikan hal tersebut, Instagram pun akan secara buka-bukaan mengeluarkan informasi tentang algoritma unggahan yang ditampilkan dalam timeline para penggunanya.

Dalam beberapa minggu ke depan, kami akan mengeluarkan informasi yang lebih lengkap tentang postingan yang kami rekomendasikan dan tidak direkomendasikan,” tutup Instagram.

_

Apakah timeline Instagram lo isinya foto-foto seksi?

close

Instagram Bantah Algoritmanya Prioritaskan Foto Seksi, Ini Penjelasannya

Search
close