Inilah Bayi Paling Prematur di Dunia, Cuma Dikandung Selama 21 Minggu!

Inilah Bayi Paling Prematur di Dunia, Cuma Dikandung Selama 21 Minggu!
access_time 3 minggu yang lalu

Berhasil hidup meski peluang keselamatannya kurang dari 1 persen

Seorang bayi bernama Curtis Means asal Alabama, Amerika Serikat berhasil memecahkan rekor dunia Guinness sebagai bayi paling prematur di dunia.

Ia lahir dengan umur kandungan hanya 21 minggu dan dengan bobot kurang dari 500 gram.

Meski begitu Curtis tumbuh dengan sehat hingga kini. Padahal Peluang selamatnya ketika lahir kurang dari 1 persen!

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Pengingat Buat Pengguna untuk Rehat dari Media Sosial

Bayi paling prematur di dunia, butuh bantuan untuk makan dan bernapas

Ibu Curtis, Michelle Butler dilarikan ke rumah sakit pada tanggal 4 Juli 2020, bertepatan dengan hari kemerdekaan Amerika Serikat.

Sehari kemudian ia melahirkan sepasang anak kembar yang ia beri nama Curtis dan C’ Asya. Sayangnya, C’ Asya meninggal sehari kemudian.

Curtis pun berhasil selamat dengan perawatan intensif. Ia dilepas dari ventilator setelah tiga bulan dan dipulangkan pada bulan April setelah 275 hari berada di rumah sakit.

Namun karena kondisinya, ia masih membutuhkan bantuan untuk belajar bernapas dan menggunakan mulut untuk makan. Tetapi dokter memastikan bahwa Curtis dalam keadaan sehat.

Inilah Bayi Paling Prematur di Dunia, Cuma Dikandung Selama 21 Minggu!

Baca juga: Indonesia Penghasil Konten K-Pop Terbanyak di Dunia, Salip Korea Selatan

Rekor bayi paling prematur di dunia

Normalnya, kehamilan berlangsung selama 40 minggu. Seorang bayi akan disebut memiliki bobot rendah jika terlahir kurang dari 2,5 kg.

Dengan usia kandungan dan bobot yang jauh lebih kecil, Curtis pun berhasil mencatatkan namanya di buku rekor dunia Guinness sebagai bayi paling prematur di dunia.

Sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh bayi bernama Richard Hutchinson asal Wisconsin, AS, dengan usia kandungan 2 minggu lebih 2 hari. Sebelum Richard, rekor itu tak pernah terpecahkan selama 34 tahun yang dipegang oleh bayi laki-laki yang lahir di Ottawa, Kanada, pada usia 21 minggu dan lima hari.

Menurut Dr. Brian Sims, ahli neonatologi Universitas Alabama di Birmingham yang mengawasi persalinan, ia belum pernah melihat bayi semuda dan sekuat Curtis. Padahal ia sudah menjadi dokter selama 20 tahun!

(Foto: Guinness World Record)

close

Inilah Bayi Paling Prematur di Dunia, Cuma Dikandung Selama 21 Minggu!

Search
close