Inilah Arti Kata ‘Inter’ Dalam Sepak Bola

access_time 1 tahun yang lalu

Sering gak lo dengar kata ‘Inter‘ dalam dunia sepak bola? Mungkin yang paling sering didengar itu nama klub asal Italia, Internazionale atau sering disebut Inter Milan. Ternyata sebutan nama ‘Inter’ ini tidak hanya ada di Italia, tapi juga sejumlah tim di dunia menyebut dirinya sebagai Inter. Lalu, apa sih sebenarnya arti dari kata ‘Inter’ itu?

Kalau kita lihat di negara-negara lain, yang sejenis dengan sebutan ‘Inter’ ini biasanya menggunakan kata ‘United‘. Contohnya tim liga Inggris, Manchester United, Newcastle United, dan masih banyak lagi tim yang menambahkan kata ‘United’ dalam nama timnya. Namun, sepertinya kata ‘Inter’ itu memiliki daya pikat tersendiri karena tidak hanya ditemukan di Italia, tapi juga bisa ditemukan di tim-tim Brasil dan Amerika Serikat.

Pada tahun 2019 silam, sempat ada sebuah masalah mengenai nama ‘Inter’. Tim Internazionale Milano melakukan gugatan terhadap tim buatan David Beckham, Inter Miami terkait penggunaan kata ‘Inter’. Perseteruan dimulai ketika Inter Milan menganggap nama ‘Inter’ adalah hak paten mereka.

Source: The National

Karena nama ‘Inter’ mulai dipopulerkan oleh tim asal Italia, hal ini membuat berbagai tim di seluruh belahan dunia terinspirasi untuk ikut menggunakan nama tersebut.

Arti Nama ‘Inter’

Gampangnya, kata ‘Inter’ sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari kata Internasional. Kata ‘Internasional’ ini juga biasanya akan berbagai bentuk tergantung bahasa yang digunakan dalam tim tersebut. Inter sendiri merupakan sebuah penekanan pada ciri khas yang dimiliki oleh tim tersebut. Artinya, tim yang menggunakan kata ‘Inter’ ini ingin merangkul semua anggota di dalamnya. Tidak hanya pemain, tapi semua orang yang berkontribusi untuk tim tersebut (pelatih, perawat, supporter, dan lain-lain).

Source: Serpents of Madonnia

Hal ini juga yang menggiring kenapa di liga Italia ada nama Inter Milan dan AC Milan, karena semua yang ada di Inter Milan sekarang ini dulunya sempat terlibat di AC Milan. Maka dari itu mereka membuat sebuah pemberontakan untuk menghancurkan stigma bahwa Milan itu tidak selamanya harus didominasi oleh pemain asal Italia.

Akhirnya, nama ini semakin populer dan digunakan oleh beberapa tim di beberapa negara.

Untuk nama Inter yang paling dikenal adalah Inter Milan atau Internazionale Milano. Begitu juga dengan tim baru yang didirikan oleh pemain legendaris, David Beckham yang membentuk tim Inter Miami yang bergabung dalam Major League Soccer (MLS).  Tim buatan David Beckham ini punya nama lengkap Club Internacional de Futbol Miami,

Sedangkan di Brasil, ada beberapa tim yang menggunakan nama Internacional, namun yang terbesar adalah SC Internacional dari Porto Alegre selatan. Kemudian di Jerman juga terdapat International Leipzig atau Inter Leipzig yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Ada pula beberapa tim menggunakan nama ‘Inter’ yang ada di Britania Raya, Kroasia, Rumania, sampai Azerbaijan.

close

Inilah Arti Kata ‘Inter’ Dalam Sepak Bola

Search
close