Ini Cara Review Makanan yang Benar!

access_time 1 tahun yang lalu

Bagaimana cara melakukan review makanan yang benar?

Banyak dari kita sering melihat influencer atau selebgram mendapatkan kiriman makanan dan melakukan review atas makanan tersebut. Namun, seringkali apa yang mereka ucapkan justru membuat bingung bagi kita yang menontonnya.

Sebelumnya, media sosial juga sempat diramaikan dengan editan foto peta lidah influencer saat me-review makanan yang tidak menjelaskan bagaimana rasa makanan tersebut.

Baca selengkapnya di sini: Peta Rasa Makanan Menurut Lidah Selebgram, “Bener-Bener Seenak Itu!”

Nah, ternyata ada cara untuk mendeskripsikan makanan dengan benar. Tentunya supaya orang lain bisa paham bagaimana deskripsi rasa dari makanan tersebut.

Cara ini merupakan kutipan dari yang disampaikan Dewi Subrata dalam akun Instagram-nya.

Mulai dari mata (visual)

via iStock

Saat ingin mendeskripsikan makanan, tentunya kita akan melihat makanan tersebut dengan mata kita sendiri. Ada baiknya kita bisa menceritakan semua komponen yang ada di depan mata.

Mulai dari warna, bentuk, bahan baku masakan yang terlihat, penataan, dan komponen penunjang makanan tersebut. Dengan begitu, review makanan lo akan lebih detail dan jelas.

Turun ke hidung (aroma)

via Kompas.com

Setelah dari mata, kita turun ke indra penciuman. Lewat tahap ini, kita bisa mengenali aroma yang dominan dalam makanan tersebut.

Biasanya aroma seperti makanan yang dipanggang, bakar, atau tumis akan mempunyai wangi yang berbeda. Terlebih aroma kombinasi daun-daunan juga bisa dijelaskan lebih detail.

Turun lagi ke mulut (rasa dan karakter)

via Diariodebiologia

Lewat mulut, kita bisa merasakan elemen yang paling kompleks. Banyak rasa yang sudah kita kenal seperti asin, manis, asam, pahit, pedas, sampai gurih.

Dengan lo menjelaskan rasa-rasa tersebut, setidaknya lo bisa menghindari mengucapkan “Jujur seenak itu” atau “Rasa ayamnya ayam banget“.

Mengenali jenis rasa dan bahan bakunya

via Masakapahariini

Review makanan akan lebih detail lagi kalau lo paham rasa-rasa yang ada pada bahan baku dibalik makanan tersebut. Misalnya lo bisa mengenali rasa kunyit, cengkeh, jahe, lada, dan lain-lain, review makanan lo bisa lebih jelas lagi dalam mendeskripsikan rasanya.

_

Abis baca artikel ini, setidaknya lo sudah bisa menjelaskan makanan dengan benar. Jangan lagi sebut-sebut “Jujur seenak itu“, “Gak ngerti lagi mau meninggal“, dan “Ayamnya ayam banget“.

close

Ini Cara Review Makanan yang Benar!

Search
close