Industri Film Hollywood Siapkan Protokol Produksi Film Saat Pandemi, Apa Syaratnya?

access_time 1 tahun yang lalu

Shooting film tanpa adegan berkelahi? Bagaimana cara membuatnya menarik?

Pandemi virus corona memang telah memberikan dampak ke banyak sektor, salah satunya adalah perfilman. Selama pandemi masih berlangsung, proses produksi film pun terhenti untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Namun, akhir-akhir ini dunia film sudah perlahan pulih, sehingga aktivitas produksi film bisa kembali berjalan. Meski demikian, mereka tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ada karena pandemi ini belum benar-benar pulih.

Blue print berisi protokol kesehatan produksi film

Director watching actors playing fight scene while shooting movie on stage set
via istock

Bahkan, industri perfilman Hollywood sampai mengeluarkan blue prints yang berisi protokol produksi film dan serial televisi selama pandemi. Salah satunya adalah anjuran supaya tidak melakukan adegan berkelahi.

Setiap kontak fisik berkepanjangan, seperti perkelahian dan seks tidak dianjurkan. Namun, aktor dimandatkan untuk tak banyak bicara demi menghindari penyebaran droplets,” begitu tertulis aturan dalam blue print tersebut.

via Giphy

Penerapan physical distancing juga semakin diperketat dalam sebuah produksi film. Dengan begitu mereka akan membatasi kru dan pemain yang berkepentingan saja dalam sebuah lokasi shooting.

Semua orang yang berada dalam ruang lingkup lokasi shooting pun juga tetap wajib menggunakan masker. Tapi, ketika berakting masker diperbolehkan dilepas, namun para pemain harus terpisah jarak sekitar 2,43 meter.

Berlaku juga untuk talkshow televisi

via Giphy

Rupanya protokol ini tidak hanya disediakan bagi produksi film dan serial saja, acara talkshow di televisi pun sudah bisa kembali disaksikan secara langsung oleh penonton di studio. Dilansir dari Variety, studio hanya boleh diisi sekitar 25 persen dari total kapasitas maksimal dan tetap menerapkan physical distancing.

Begitu pula pembawa acara dan bintang tamu yang juga harus duduk atau berdiri terpisah sekitar 1,8 meter. Hal ini tentunya untuk mencegah penyebaran virus corona berkepanjangan.

via Giphy

Blue print ini telah dikeluarkan oleh pelaku industri perfilman Hollywood kepada Gubernur New York, Andrew Cuomo dan Gubernur California, Gavin Newsom serta Departemen Kesehatan Masyarakat Los Angeles. Sebanyak 22 halaman, dokumen tersebut adalah tawaran untuk diperbolehkannya kembali proses produksi film, serial, dan program-program televisi lainnya.

Source: Variety.com

_

Apa jadinya sebuah film tanpa adegan berkelahi?

close

Industri Film Hollywood Siapkan Protokol Produksi Film Saat Pandemi, Apa Syaratnya?

Search
close