Indonesia RankingDua Terlama Buka Aplikasi di Smartphone

Indonesia Peringkat Kedua Terlama Buka Aplikasi di Smartphone
access_time 2 bulan yang lalu

Indonesia peringkat kedua teralama dalam menghabiskan waktu di smartphone, khususnya aplikasi.

Menurut perusahaan analitik dan data mobile App Annie yang menganalisis waktu pengguna aplikasi di sejumlah dunia, disebutkan pengguna internet di Indonesia menghabiskan waktu 5,3 jam untuk menggunakan aplikasi yang berada di smartphone mereka.

Menurut App Annie, duarsi tersebut naik 35 persen dari kuartal II-2019. Saat ini Indonesia berada di belakang Brazil.

 Indonesia peringkat kedua terlama

Di Brazil sendiri, rata-rata pengguna internet menghabiskan waktu selama 5,4 jam untuk menggunakan aplikasi via gawai pandai mereka. Di mana angka tersebut naik 30 persen dari periode 2019.

Dari seluruh negara yang disurve App Annie, hanya Indonesia dan Brazil yang durasi penggunaan aplikasi tembus sampai 5 jam.

Indonesia Peringkat Kedua Terlama Buka Aplikasi di Smartphone
via App Annie Intelligence

Sementara itu, Rusia dan Turki justru menjadi negara yang lonjakan durasi waktu penggunaan aplikasinya meningkat pesat.

Di Rusia, waktu penggunaan aplikasi naik 45 persen dari kuartal II-2019 menjadi 3,7 jam. Untuk Turki, justru naik 40 persen menjadi 4,5 jam.

Secara global penggunaan aplikasi harian meningkat, ini alasannya

App Annie menyebut bahwa secara global, penggunaan aplikasi harian memang mengalami peningkatan 45 persen dibanding kuartal II-2021.

App Annie juga menjelaskan peningkatan sebagaian besar di dorong oleh Pandemi Covid-19 yang membuat hampir sebagian besar penduduk dunia banyak melakukan aktivitas digital.

Lonjakan ini berimbas pada total belanja aplikasi secara global yang mencapai IDR 493 triliun pada kuartal II-2021. Angka itu sendiri mengalami peningkatan sekitar IDR 101,6 triliun.

Pengguna iOS lebih sering berbelanja aplikasi

Menariknya, pengguna iOS lebih banyak berbelanja aplikasi jika dibanding pengguna Android. Mereka mengeluarkan uang belanja aplikasi lebih dari IDR 290 triliun pada kuartal II-2021.

Sementara pengguna Android menghabiskan sekitar lebih dari IDR 145 triliun untuk aplikasi yang sama.

Pengguna iOS lebih sering berbelanja aplikasi
via App Annie Intelligence

Sama halnya dengan aplikasi non gaming, total belanja aplikasi pengguna iOS masih lebih tinggi dibanding pengguna Android

Data App Anime menunjukan bahwa, kendati sudah ada beberapa negara yang melonggarkan karantina, pengguna internet dunia tetap aktif menggunakan aplikasi mobil mereka.

Gimana dengan Lo? 

close

Indonesia RankingDua Terlama Buka Aplikasi di Smartphone

Search
close