Indonesia Mau Bikin Bursa Cryptocurrency, Ini Komentar Netizen!

Bappebti bakal bikin bursa cryptocurrency Indonesia
access_time 8 bulan yang lalu

Rencananya, Indonesia bakal punya bursa cryptocurrency alias mata uang kripto. Gak kaget, mata uang kripto memang lagi ramai jadi omongan, hobi, bahkan sumber mata pencaharian orang-orang seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Jadi, gak kaget kalau Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mau ikut terlibat. Sejumlah jenis mata uang kripto yang ngetren, seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, Binance Coin, dkk. bakal masuk ke bursa ini. Tentunya, wacana ini memancing komentar dari para netizen.

Bursa cryptocurrency sebagai ‘perlindungan pelaku usaha’

bursa cryptocurrency sebagai perlindungan pelaku usaha
via Primo GIF

Mengutip CNN, ketua Bappebti Sidharta Utama mengatakan bahwa tujuan utama bursa cryptocurrency ini adalah untuk perlindungan pelaku usaha.

Bursa ini fokusnya pada perlindungan pelaku usaha agar hubungan antar semua pihak bisa berjalan dengan baik, antara pedagang, investor, maupun dengan lembaga lain bisa jelas dan aman,” ujarnya secara resmi.

Ilustrasi Bappebti, Kemenkeu, Kemendag, OJK, dan BI berkolaborasi
Ilustrasi kolaborasi Bappebti, Kemenkeu, Kemendag, OJK, dan BI berkolaborasi (via Pinterest)

Dari ribuan jenis mata uang kripto yang ada, Bappebti sudah mengeluarkan 226 aset crypto yang bisa diperdagangkan di Indonesia. Gak hanya dari Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, rencana ini juga sudah dapat lampu hijau dari Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Selanjutnya, dua kementerian itu bakal berkoordinasi dalam pembuatan bursa tersebut. Lalu, Bappebti bakal memfasilitasi pertemuan lanjutan sebagai turunan dari kesepakatan kedua wakil menteri. Terakhir, Bank Indonesia dan OJK juga akan ikut terlibat.

Komentar tentang pembuatan bursa kripto oleh Bappebti

Indonesia Akan Punya Bursa Cryptocurrency
via iStockphoto

Rencana pembuatan bursa cryptocurrency ini mendatangkan berbagai respon dari para netizen, terutama pelaku pasar. Sebagian merespon dengan positif, sebagian tidak.

Di satu sisi, mengutip Bisnis.com, Komisaris Utama PT. HFX Internasional Berjangka Sutopo Widodo mengapresiasi langkah ini. Menurutnya, hal ini menunjukkan keseriusan pemerintah untuk memfasilitasi perdagangan kripto secara legal dan menciptakan pencatatan yang lebih baik dan aman.

Di sisi lain, ada juga yang merespon dengan sikap skeptis ke rencana pembuatan bursa ini, seperti yang para netizen katakan di thread ini:

Ini membunuh tujuan cryptocurrency, desentralisasi 😪😪 .. msti ini mau malak duit lagi 😂😂.” balas sebuah akun pada thread itu.

uh no, that ministry just want to follow the trend and make money out …” ceplos seorang netizen.

So, what do you guys think?

Baca juga:

close

Indonesia Mau Bikin Bursa Cryptocurrency, Ini Komentar Netizen!

Search
close