Indomie Saksang Babi Viral di Jagat Maya, Emang Indomie Bikin Rasa Babi?

Indomie Saksang Babi
access_time 1 tahun yang lalu

Indomie sampe bikin pernyataan resmi merespon kabar rasa saksang babi

Sebuah foto yang menunjukkan Indomie rasa saksang khas suku batak viral di jagat maya. Foto tersebut diunggah oleh seorang pengguna Facebook dengan nama Falay Ipay pada 21 Juli 2020 lalu.

Tentu, foto tersebut pun jadi perbicangan bernada negatif mengingat makanan tersebut umumnya menggunakan babi sebagai bahan baku utamanya.

Indomie rasa saksang babi cuma hoax

Itu hoax, Mas,” tutur Media Relations Indofood, Lucy, dilansir dari Liputan6. “Indofood hanya memproduksi produk halal, Mas.

Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh Corporate Secretary PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Elly Putranti pun angkat suara.

Yang pasti informasi tersebut hoax karena Indofood hanya memproduksi produk halal,” kata Elly.

Pihak Indomie juga merilis pernyataan resmi lewat laman Instagramnya.

Berdasarkan penelusuran, foto Indomie rasa saksang babi ini ternyata adalah hasil rekayasa foto yang didapatkan dari Tokopedia. Belum jelas kenapa rekayasa foto tersebut dibuat. Kuat diduga, foto tersebut dibuat hanya sebagai guyon.

(Foto: Tokopedia)

Tentang saksang babi khas medan

Saksang adalah makanan khas Sumatera Utara yang dibuat dengan daging cincang dan berbagai jenis rempah.

Saksang tidak selalu dimasak dengan melibatkan daging babi, tetapi juga bisa diganti dengan daging lain, seperti daging anjing, kerbau, sapi, atau bahkan kambing. Yang pasti, saksang dibuat dengan rempah asli suku batak, yakni andaliman yang menghadirkan rasa getir yang khas.

Selain andaliman, rempah lain yang dipakai untuk membuat saksang adalah cabai merah, bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, lengkuas, serai, daun jeruk, garam, serta tak ketinggalan, darah dari daging hewan yang dipakai.

Jadi, misalkan saksang babi, maka darah yang dipakai adalah darah babi. Darah yang dipakai dicampur dengan jeruk terlebih dahulu.

Saksang - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Source: Wikipedia

Selain itu, semua bumbu digiling dan dicampur jadi satu lalu ditumis hingga beraroma. Bumbu tersebut lalu dicampur dengan daun jeruk dan dicampur dengan daging cincang hingga bumbu meresap.

Pada tahap ini, masukkan darah dari hewan yang dipakai. Misalnya saksang babi, masukkan darah babinya. Pada tahap ini juga, masukkan garam dan cicipi sampai asinnya pas. Tunggu hingga bumbu meresap dan saksang daging pun siap disajikan.

close

Indomie Saksang Babi Viral di Jagat Maya, Emang Indomie Bikin Rasa Babi?

Search
close