close

Ilusi ‘Hollywood’ dan ‘Oscar’ Yang Digunakan Livi Zheng

By Andreas Lee
access_time 2 minggu yang lalu Comments

Nama Livi Zheng kerap banyak dibicarakan di media sosial karena dirinya yang mengaku telah masuk nominasi Oscar dan menembus Hollywood. Apakah benar kenyataanya seperti itu?

Ilusi Livi Zheng Dalam Menaikan Namanya Dengan Menggunakan Nama ‘Oscar’

Memang jika dilihat langsung melalui situs resmi Oscar, film yang tersebut masuk dalam jajaran 166 film dokumenter yang Dipertimbangkan” dalam kategori Fitur Dokumenter untuk 91th Academy Awards. Jika media Indonesia yang tidak mengerti mengenai dunia perfilman, pastinya akan mengira Livi Zheng adalah salah satu sutradara asal Indonesia yang masuk Oscar.

Namun kenyataannya, Livi Zheng justru menciptakan sebuah ilusi yang membuat para media di Indonesia percaya dengan pencapaian yang tidak “etis” yang diciptakan oleh dirinya. Seperti misalnya, menciptakan ketidaktahuan publik mengenai dunia perfilman untuk meningkatkan nama sutradara Livi Zheng sehingga orang-orang percaya dengan kinerja kerjanya dalam dunia perfilman. Contohnya seperti film Bali: Beats of Paradise yang dinyatakan masuk seleksi nominasi Oscar 2019.

Dimana ketika media yang tidak mengetahui dunia perfilman, pastinya mengira Livi Zheng mendapatkan suatu pencapaian sebagai salah satu sutradara asal Indonesia yang masuk dalam jajaran film Hollywood. Namun, film tersebut hanya masuk dalam jajaran film yang in contention artinya eligible. Eligible yang dimaksud berarti film tersebut hanya lolos persyaratan untuk masuk Oscar, bukan masuk dalam jajaran nominasi Oscar.

Seperti yang ungkapkan oleh Joko Anwar dalam acara Q&A “Belaga Hollywood“, dirinya mengatakan tembus masuk seleksi Oscar itu nggak ada [bukan suatu pencapaian], melainkan hanya memenuhi syarat administrasi.

“Saya enggak pernah denger namanya tembus masuk seleksi Oscar, itu enggak ada sebenarnya. Yang ada adalah in contention artinya eligible. Eligible artinya berhak untuk ikut serta Oscar. Eligible artinya memenuhi syarat administrasi, bukan syarat kualitas,” kata Joko Anwar.

Ilusi “Its Entertaining” Dari Media Asing Los Angeles Times

Image result for bali beats of paradise its entertaining
Source: Tribunnews

Ilusi Livi Zheng pun juga mulai terlihat dalam film Bali: Beats of Paradise yang di-review oleh media Los Angeles Times dengan tulisan “Its Entertaining“. Tulisan yang dikira mendapat pujian dari Los Angeles Times tersebut juga ternyata sebuah ilusi, dimana Livi Zheng seakan ingin menaikan namanya sebagai Sutradara Indonesia yang sukses dilirik oleh media asing.

Tulisan ulasan yang di kutip oleh Los Angeles Times, ternyata bertuliskan 3 paragraf yang mengacu pada kritik daripada pujian. Kimber Myres, pengkritik tersebut menuliskan

Source: Rottentomatoes

Dimana film tersebut justru dikritik ketimbang mendapatkan pujian.

Embel-Embel ‘Hollywood’

Bahkan tokoh negara seperti Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Wakil Presiden Indonesia, Yusuf Kalla pun juga menggenjot film Bali: Beats of Paradise dengan menggunakan embel-embel Hollywood untuk menciptakan delusi Livi Zheng seolah-olah dirinya menjadi Sutradara Hollywood asal Indonesia.

“Saya Luhut Binsar Pandjaitan di sebelah saya Livi Zheng sutrada film, anak Indonesia di Los Angeles. Perjalanan Livi di Hollywood telah membawanya kembali ke Tanah Air untuk merilis film terbarunya Bali Beats of Paradise,” demikian ungkap Luhut dalam video.

Namun apakah benar bahwa Livi Zheng merupakan sutradara Hollywood?

Jawabannya belum tentu, Dilansir dari Tirto.id, Livi Zheng ternyata tinggal di kawasan elite di Los Angeles. Dimana ia tinggal di mansion mewah dengan alamat 4715 Los Feliz Boulevard, dengan total nilai properti hampir 2,5 juta dolar. Letak tempat tinggal dari Livi Zheng memang sangat dekat dengan Hollywood, yang membuat Livi Zheng mudah mendapatkan label “Hollywood” karena dirinya tinggal disana. Livi Zheng bukanlah sutradara Hollywood, lebih tepatnya dibilang sebagai LA-Film Maker atau sineas yang tinggal di LA.

Istilah Hollywood yang digunakan oleh Livi Zheng memanglah tidak salah karena dirinya tinggal dekat LA, namun jika dibilang Sutradara Hollywood? We don’t think so

Untuk melihat perdebatan antara Sutradara asal Indonesia dengan pembelaan Livi Zheng, check the video above

 

Image Source: [Lawjustice]

close

Ilusi ‘Hollywood’ dan ‘Oscar’ Yang Digunakan Livi Zheng

close

Subscribe to
our newsletter

Get the best curated lifestyle news.