Ilmuwan Temukan Planet Star Wars Versi Asli

Ilmuwan Temukan Planet Star Wars Versi Asli
access_time 3 minggu yang lalu

Mirip dengan Tatooine di film Star Wars, planet ini diduga bisa mendukung kehidupan

Para ilmuwan berhasil menemukan planet Star Wars di dunia nyata.

Lokasinya berjarak triliunan mil dari bumi dan berkemungkinan ramah bagi kehidupan.

Planet tersebut punya beberapa matahari, mirip dengan planet Tatooine yang merupakan rumah dari sang karakter utama, Luke Skywalker.

Sun Planets GIF by NASA - Find & Share on GIPHY

Baca juga: Chindogu, Seni Menciptakan Penemuan Aneh yang “Hampir Berguna”

Mirip planet Tatooine di Star Wars, punya dua matahari

Planet tersebut ditemukan di penemuan lima sistem bintang yang dikenal sebagai Kepler-34, Kepler-35, Kepler-38, Kepler-64, dan Kepler-413.

Sistem tersebut berjarak antara 2.764 dan 5.933 tahun cahaya dari Bumi. Satu tahun cahaya sama dengan sekitar 6 triliun mil.

Kepler-64 memiliki setidaknya empat bintang yang mirip matahari, sementara empat lainnya memiliki dua matahari, seperti planet Tatooine.

Masing-masing sistem memiliki setidaknya satu planet raksasa seukuran Neptunus atau lebih besar; semuanya diperkirakan memiliki air cair yang memungkinkan adanya kehidupan.

Kehidupan kemungkinan besar akan berkembang di planet yang terletak di zona layak huni sistem mereka, seperti Bumi,” kata salah satu peneliti Universitas New York Abu Dhabi Nikolaos Georgakarakos, seperti dilansir Cnet.

Kehidupan kemungkinan besar akan berkembang di planet yang terletak di dalam zona layak huni sistem mereka seperti Bumi. Disini kami menyelidiki apakah zona layak huni ada dalam sembilan sistem yang diketahui dengan dua atau lebih bintang yang mengorbit planet raksasa,” kata dia.

Tatooine GIF - Find on GIFER

Baca juga: Forbes 30 Under 30 Asia 2021, Ada Maudy Ayunda dan Zohri dari Indonesia!

Planet Tatooine

Tatooine adalah planet fiktif yang pertama kali diperkenalkan di layar lebar pada tahun 1977 di film Star Wars: A New Hope.

Planet tersebut punya wujud yang mirip dengan gurun pasir. Penduduknya dikenal sebagai petani dan scrap dealing.

Di semesta sinematik Star Wars, film ini jadi latar untuk sejumlah momen penting. Salah satunya adalah pertemuan Jedi Master Qui-Gon Jinn dengan Anakin Skywalker.

Episode 4 Tatooine GIF by Star Wars - Find & Share on GIPHY
Via Giphy
close

Ilmuwan Temukan Planet Star Wars Versi Asli

Search
close