Ikuti Tips Ini Agar Aman, Saat Lo ‘Terpaksa’ Harus Keluar Rumah

access_time 1 tahun yang lalu

Stay home, safe lives!

Begitulah kurang lebih salah satu alasan kenapa lo dan gua harus #dirumahaja, namun ada sangat dimengerti kalau ada waktu-waktu di mana lo ‘terpaksa‘ harus keluar dari rumah.

Sebut saja membeli keperluan rumah tangga ataupun hal lain yang mendesak. Meskipun lo sudah melakukan social distancing, rajin mencucit tangan dan menggunakan masker, ada beberapa hal yang perlu banget untuk lo perhatikan secara ekstra.

Ingat virus ini bisa menyebar dengan begitu cepat, bahkan bisa saja orang yang terlihat ‘normal’ ternyata menjadi carrier dan menularkan Covid-19

So, please do follow the tips to make sure you guys are safe and sound !

1. Wear your ‘MASKER’

Meskipun sempat muncul statement kalau masker hanya digunakan saat lo merasa ‘sakit‘, sekarang ini semua source di internet dan pemerintah sudah mewajibkan semua orang untuk menggunakan masker saat ‘terpaksa’ harus keluar dari rumah.

Bahkan di DKI Jakarta, para pengguna kendaran umum tidak akan dilayani jika tidak menggunakan masker. Seperti yang diketahui bahwa masker akan melindungi diri lo dari ‘droplets‘ yang tak kasat mata.

So first thing first is MASKER IS A MUST, pemerintah juga sudah menginformasikan bahwa lo bisa menggunakan masker berbahan kain.

2. Gunakan Dengkul, Siku, dan Kaki

Yes, kalu biasa lo dan gua menggunakan ujung jari untuk menekan tombol di lift, atau membuka pintu dengan memegang gagang pintu, sekarang saatnya untuk lebih mengurangi hal tersebut

Gunakan siku tangan untuk mebuka pintu dengan instruksi dorong, tekan tombol lift dengan kunci kendaraan lo atau bahkan gunakan bahu, pinggang dan kaki lo sebagai ganti ‘tangan‘.

3. Jaga Jarak

Meskipun sudah menggunakan masker, ini hal yang tidak boleh dilupakan. Bukan berarti tidak boleh bertemu dengan orang lain sama sekali melainkan menjaga jarang dengan orang lain sekitar 1 meter.

Sebagian besar ‘groceries‘ store di Jakarta juga sudah mulai memberikan garis batas bagi para customer saat sedang menunggu giliran transaksi di kasir, rumah sakit juga sudah mulai menjalankannya.

Kalaupun tidak ada garis tersebut, pastikan untuk tetap dan selalu menjaga jarak.

4. Cari Opsi ‘Otomatis’

Tips yang ini sepertinya sudah familiar, di saat lo dihadapkan pada pilihan pintu yang otomatis terbuka karena sensor dengan pintu yang harus dibuka secara manual dengan tangan, silahkan pilih yang otomatis.

As simple as that ๐Ÿ™‚

5. Perhatikan Tempat Lo Meletakan Gadget/Smartphone

Meskipun bisa dibersihkan dengan disinfektan, cara lain yang lebih mudah adalah memikirkan seberapa perlu lo meletakan gadget lo di tempat yang tersebut. Apakah lo harus benar-benar mengeluarkannya dari kantung celana atau tas?

Semakin jarang lo meletakan gadget/smartphone lo sembarangan, semakin kecil juga resiko virus tersebut menempel di gadget/smartphone lo.

Kalaupun harus ditaruh di suatu tempat, pastikan lo menyiapkan tissue/lap di atas permukaan tersebut.

6. Jangan Menyentuh Sesuatu Sembarangan

Saat sedang berbelanja di supermarket, pastikan lo tidak menyentuh barang yang tidak akan masuk kedalam keranjang belanja lo. Sama halnya saat lo memilih buah, dan sayuran.

Gunakan kain, atau jangan sentuh sama sekali kalau memang lo tidak memerlukannya.

7. Selalu Cuci Tangan/ Mandi Saat Lo Tiba di Rumah

Ini adalah salah satu tips yang wajib untuk lo lakukan, dengan mandi / cuci tangan lo setidaknya memastikan kalau lo melakukan langkah terbaik untuk mencegah penyebaran virus corona.

Cuci tangan selama 20 detik atau mandi pastinya akan membuat lo merasa lebih aman.

8. Perhatikan Kebersihan Kendaraan Lo

Sebelum dan sesudah menggunakan kendaraan lo, pastikan untuk selalu membersihkannya. Jangan lupa juga untuk menyemprotkan disinfektan ke area kemudi, dan dashboard.

Gunakan juga air disinfektan pada mobil lo!

9. Kurangi Penggunaan Uang Tunai

Di era yang serba digital ini, sudah banyak alat pembayaran non tunai yang bisa lo pilih. Penggunaan uang tunai dinilai bisa meningkatkan penyebaran virus corona.

So make sure to avoid using cash, kan enak cashless banyak cashback promo bukan?

10. Siapkan Disinfectant Wipes dan Tissue

Yes, keduanya berperan penting di masa-masa sekarang. Terutama saat lo kesusahan menemukan tempat untuk mencuci tangan, disinfectant wipes atau tissue dengan alkohol akan sangat membantu dalam memastikan kebersihan tangan lo.

So itu tadi 10 tips agar tetap aman saat lo terpaksa harus keluar dari rumah, ingat it’s best to stay at home! Remember to be always responsible during this period.

Stay safe guys!

 

 

 

 

close

Ikuti Tips Ini Agar Aman, Saat Lo ‘Terpaksa’ Harus Keluar Rumah

Search
close