Iker Casillas Gantung Sepatu dengan Segudang Prestasi

access_time 1 tahun yang lalu

Mantan kiper tim nasional Spanyol dan Real Madrid yang kini mengabdi pada FC Porto, Iker Casillas akhirnya memutuskan untuk mengakhiri masa baktinya di lapangan hijau. Keputusan Casillas ini telah dikonfirmasi oleh Presiden FC Porto, Jorge Nuno Pinto.

View this post on Instagram

↗️ #goodnight🌙

A post shared by Iker Casillas (@ikercasillas) on

Keputusan kiper kidal ini untuk gantung sepatu diiringi dengan kabar bahwa ia akan melangkah ke tingkatan yang lebih tinggi dalam dunia sepak bola. Casillas dikabarkan mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Banyak sekali prestasi yang telah ia dapatkan di rumput hijau. Hal ini yang membuat nama Casillas begitu diingat di telinga khalayak saat mendengar kata Spanyol, negara asalnya.

Identik dengan Real Madrid

Image result for casillas real madrid
Source: UEFA

Walaupun beberapa musim terakhir ia bermain untuk FC Porto, namun ingatan masyarakat tidak hilang dengan perannya di Real Madrid. Image itu sangat wajar di dapatkan karena ia menghabiskan 15 tahun tim yang kerap dijuluki El Real. Bersama Real Madrid, Casillas berhasil meraih 19 gelar, di antaranya adalah trofi La Liga dan Liga Champions.

Sederet penghargaan yang berhasil diraih bersama Casillas antara lain:

  1. 5x La Liga
  2. 2x Copa Del Rey
  3. 2x UEFA Super Cup
  4. 3x Champions League
  5. 4x Spanish Super Cup

Tetap eksis bersama FC Porto

Image result for casillas fc porto

Dengan skill segudang dan juga “jam terbangnya” tidak heran Casillas tetap menjadi kiper andalan di FC Porto. Bersama FC Porto sejak 2015, ia berhasil membawa timnya juara Primeira Liga musim 2017/2018 dan Piala Super Portugal musim 2018.

Namun, perjalanannya bersama tim asal Portugal ini tidak berjalan begitu mulus. Iker Casillas sempat terkena serangan jantung saat sedang melangsungkan latihan rutin bersama FC Porto. Maka dari itu, namanya sempat memudar sesaat di lingkup liga Portugal.

Namun, serangan jantung bukanlah hal besar bagi Casillas. Perlahan namanya kembali muncul ke permukaan setelah kembali mengikuti latihan tiga bulan kemudian.

Selain meraih penghargaan bersama klub, nama Iker Casillas juga terpajang dalam sejarah tim nasional Spanyol. Seringkali menjadi kapten untuk kesebelasan Spanyol, ia berhasil membawa negaranya juara Piala Dunia dan juga Piala Eropa.

Prestasi sebagai kiper

Image result for casillas champions league wins
Source: UEFA

Perannya sebagai kiper juga selalu dihargai. Membawa namanya sendiri, ia telah memegang lima penghargaan ‘Kiper Terbaik Dunia‘ versi IFFHS. Selain itu, ia juga meraih ‘Kiper Terbaik La Liga‘ ( musim 2009 dan 2010), ‘Kiper Terbaik Liga Portugal‘ (musim 2018/2019), dan ‘Kiper Terbaik Piala Dunia‘ (2010).

Bersama sekian banyak penghargaan yang telah ia raih, kini Casillas menyudahi karirnya sebagai penjaga gawang. Namanya pasti akan selalu ada di benak para penikmat sepak bola.

Terima kasih, Iker Casillas atas 1.048 pertandingan yang telah dilalui selama 22 tahun merumput!

close

Iker Casillas Gantung Sepatu dengan Segudang Prestasi

Search
close