Ikan Punya Mulut dan Gigi Mirip Manusia, Apakah Ini “Reinkarnasi”?

access_time 1 tahun yang lalu

Jika lo berpikir ikan ini adalah “reinkarnasi”, ini jawabannya!

Masuk pertengahan tahun 2020 ini, muncul beberapa keanehan-keanehan yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Sebelumnya, di Filipina ditemukan seekor kelelawar raksasa seukuran manusia yang menggantung di depan rumah seorang warga.

Baca selengkapnya di sini: Kelelawar Seukuran Manusia Hebohkan Warga Filipina, Apakah Ini Siluman?

Kali ini, media sosial kembali dikejutkan dengan foto seekor ikan yang tidak biasa. Bisa dibilang secara bentuk tubuh, ikan ini seperti pada umumnya. Namun tidak pada bentuk mulut dan giginya.

Ikan ini terlihat memiliki mulut dan gigi yang seperti manusia. Foto ini pertama kali diunggah di Twitter oleh akun @raff_nasir pada 2 Juli 2020 lalu.

Diketahui bahwa ikan ini ditemukan oleh nelayan di daerah terpencil Malaysia. Ternyata ikan seperti ini memiliki nama Triggerfish.

Ikan Triggerfish

via National Geographic

Berdasarkan catatan National Geographic, ada sekitar 40 spesies Triggerfish di perairan seluruh dunia. Umumnya ikan ini biasa hidup di perairan tropis dan sub-tropis.

Ikan ini menggunakan gigi dan rahang yang sangat kuat untuk memangsa bulu babi, membalikkannya demi mendapatkan isi perut mereka yang dipersenjatai duri,” penjelasan National Geographic tentang ikan ini.

via Scuba Diver Life

Triggerfish termasuk ikan buas namun bisa dipelihara di dalam aquarium. Tapi, ikan ini dianggap sebagai musuh para nelayan karena sering kali merusak tali pancing atau merobek jala.

Sebelum ditemukan di perairan Malaysia, ternyata ikan ini juga sempat ditemukan di salah satu pantai di California, Amerika Serikat pada bulan Desember 2019.

Cara Hidup

via iStockphoto

Sebenarnya ikan ini cukup bisaĀ surviveĀ karena bisa hidup di wilayah mana saja. Biasanya spesies ini tinggal di Samudra dan juga di lautan terbuka.

Namun jika ingin dipelihara di dalam aquarium, lo harus memperhatikan suhu, salinitas, dan pH supaya bisa tetap hidup.

Spesies ikan ini juga punya tingkat reproduksi yang sangat bervariasi. Betinanya akan membuat lubang kecil di tumpukan kecil untuk bertelur.

Saat remaja, Triggerfish akan hidup di antara rumput laut untuk bisa mendukung pertumbuhan spesies ini.

_

Jadi, apakah ikan ini sebuah “reinkarnasi”?


close

Ikan Punya Mulut dan Gigi Mirip Manusia, Apakah Ini “Reinkarnasi”?

Search
close