🐠9 Ikan Hias Mini, Ada yang Harganya Nyalip Gaji Start Up

By
access_time 7 bulan yang lalu

Meskipun kecil, ikan hias ternyata pengaruhnya bisa lebih besar dari influencer. Harganya mulai dari murah, hingga mewah di masa pandemi ini.

Ya, tidak hanya penjual tanaman, bisnis ikan hias pun sempat melejit di masa pandemi. Bahkan ikan cupang yang tadinya banyak dijual di depan SD, harganya bisa mencapai puluhan juta. Kalah deh gaji impian kita kerja di start-up.

Meskipun mahal, toh masih banyak sultan yang berminat beli. Tapi, ada juga jenis ikan yang murah meriah dan tak kalah indah. Ini sih bakalan cocok banget buat kalian yang masih pemula atau nggak mau repot merawatnya.

Kali ini, kita akan bahas ikan hias mini. Mulai dari yang mudah dipelihara di rumah, hingga yang harganya bisa dipakai beli rumah. Mari kita simak.

Ikan Hias Guppy

Sumber: Rumah123.com

Dengan nama yang lucu, ikan hias yang satu ini memang cocok untuk menghiburmu. Bentuk ikan Guppy yang mini dengan sirip dan ekor cantik berwarna-warni, sepintas mirip dengan Ikan Cupang. Suntuk-suntuk kerja, alihkan pandangan pada ikan Guppy deh. Dijamin bakal bikin mata adem. Ada 15 jenis ikan Guppy yang bisa jadi pilihan, tentunya dengan harga yang beragam, tapi masih ramah di kantong.

Ikan Molly

Sumber: Gerava.com

Ikan Molly berasal dari perairan Meksiko, namun cocok tinggal di Indonesia. Bentuknya yang mungil, hingga paling panjang sekitar 12 cm, sesuai menjadi peliharaan di akuarium kecil atau ruangan kerja. Spesies yang disebut juga sebagai ikan balon ini, bisa jadi pilihan kalau kamu mencari jenis ikan yang perawatannya mudah. Harganya pun tidak lebih dari IDR 10 ribuan.

Ikan Hias Platy

Sumber: Trobos Aqua

Orang mencari ikan hias bukan hanya untuk peliharaan, ada juga lho sebagai budidaya. Salah satunya adalah Ikan Platy. Ikan jenis ini mudah beranak dan cukup kuat meski badannya kecil. Untuk menghasilkan lebih banyak ikan Platy, sebaiknya memelihara ikan jantan dan betina dengan rasio 1:2. Sekali memiliki anak, Ikan Platy bisa menghasilkan 8-12 ekor. Waah, bakal meriah nih aquarium kita. Selain itu Ikan Platy juga bisa didapat dengan harga sekitar IDR 2.500-75.000.

Ikan Hias Neon Tetra

Sumber: Gerava.com

Selain ikan Platy, Neon Tetra ini juga sering dikembangbiakkan untuk kemudian dipasarkan kembali. Spesies asal Amerika ini harganya relatif stabil, permintaan akan jenis ikan ini juga lebih besar daripada breedernya. Kalau kamu tergolong yang ingin punya ikan hias dan memiliki usaha baru, bisa mencoba memelihara jenis ini. Ikan Neon Tetra juga bisa berdampingan dengan Ikan Cupang.

Ikan Hias Komet

Sumber: BukaReview.com

Ikan komet sering juga disebut Ikan Mas Komet. Bantuknya tidak kalah indah, dengan pola warna seperti komet antariksa. Perawatan jenis ikan hias yang cantik mirip Guppy ini tidak sulit, asal kita memberi waktu pada ikan baru untuk beradaptasi. Caranya dengan menempatkan kantong ikan baru ke dalam aquarium selama 15 menit, kemudian lepaskan ikan beserta airnya. Jangan lupa untuk mengganti air secara rutin. Untuk memiliki hewan jenis ini, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar IDR 5.000-20.000 an saja.

Ikan Hias Cupang

Sumber: Good News From Indonesia

Termasuk jenis ikan hias yang naik daun di musim pandemi, selain ikan Guppy. Bentuknya mungil, ekornya cantik dan warna-warninya juga menyenangkan. Sebenarnya, harga untuk memiliki ikan cupang relatif masih terjangkau. Tapi, ada yang harganya bisa mencapai ratusan ribu, seperti Cupang Nemo dan Cupang Plakat. Spesies yang cukup mudah dipelihara ini, tetap membutuhkan penanganan khusus bila ingin jenis ikan hias ini awet usia hidupnya. Seperti memberi pakan hidup dan daun ketapang sebagai antibiotik.

Ikan Manfish

Sumber: Hewanee.com

Meski namanya Manfish, jenis ikan ini dijuluki sebagai ikan bidadari. Ada rumbai di tubuhnya yang membuat kita ingat akan selendang bidadari. Selain banyak yang ingin memelihara, banyak pula yang breeding ikan Manfish sehingga kini banyak jenisnya yang cantik. Untuk memiliki ikan ini, kita bisa mendapatkan mulai harga di bawah IDR 10.000 sampai mendekati sekitar IDR 100.000

Ikan Peppermint Angelfish

Sumber: CNBC Indonesia

Dari namanya saja, ikan ini sudah terdengar mahal. Harganya memang menyalip gaji karyawan start-up, di kisaran sekitar IDR 135-400 juta. Hampir sama dengan varian lainnya, Masked Angelfish. Dengan harga selangit itu, memang butuh usaha pula mendapatkannya. Selain bentuknya kecil, ikan yang mirip dengan Nemo itu sering bersembunyi di balik batu koral yang sulit dijangkau.

Ikan Bladefin Basslet

Sumber: 99.co

Ikan sultan berikutnya adalah Bladefin Basslet. Kecil-kecil harganya bikin pusing, yakni bisa mencapai IDR 135 juta. Padahal ukurannya bisa jadi kurang dari 4 cm saja. Ini juga dipengaruhi tingkat kesulitan untuk mendapatkannya, karena Bladefin Basslet memang segesit pisau terbang dan hanya bisa ditemukan di celah-celah karang lautan dalam. Jenis ikan Basslet yang juga mahal adalah Golden Basslet yang berwarna kuning terang keemasan, dengan harga sekitar IDR 110 juta. Hmm, lebih murah walau tetap mahal.

Nggak heran, super presenter seperti Irfan Hakim pernah berasa nangis darah ketika kehilangan koleksi ikan-ikannya akibat listrik padam. Memanglah beberapa jenis ikan hias khusus untuk koleksi cukup berharga, karena kelangkaan dan nilai jualnya yang tinggi.

Jika kamu masih pemula, mulai saja dengan yang sesuai dengan kondisi kantong, ya. Jangan memaksakan beli jenis ikan hias yang mahal daripada menangys saat kesulitan memeliharanya.

close

🐠9 Ikan Hias Mini, Ada yang Harganya Nyalip Gaji Start Up

Search
close