Honest Review: ‘IP MAN 4 The Finale'(Spoiler Alert)

access_time 1 tahun yang lalu

Film yang berhasil mengangkat ‘popularitas’ Donnie Yen dan aliran beladiri ‘Wing Chun‘ ini kembali dengan edisi terakhirnya. IP MAN 4 The Finale sudah tayang di seluruh bioskop di Jakarta sejak minggu lalu. Jika pada seri sebelumnya alur cerita berfokus pada persaingan Master IP dengan Master lain dalam pembuktian Wing Chun sejati, seri terakhir ini justru menceritakan ‘pengalaman’ Master IP di Amerika dalam pencarian sekolah untuk anaknya.

Sebelum lanjut ke review mendalam film ini, ada baiknya lo yang belum nonton untuk segera close tab ini karena paragraf berikut dan seterusnya akan bersifat ‘SPOILER ALERT

Without further waits, let’s dig in!

Pembukaan Cerita

Bermula dengan Master IP yang datang ke karate exhibition yang berlangsung di Amerika, pada event tersebut terlihat Bruce Lee yang merupakan murid dari Master IP sedang mendemonstrasikan aliran beladiri Wing Chun yang sudah dimodifikasi.

Lalu kita dibawa kembali ke 1 bulan sebelumnya, buat lo yang sudah nonton IP Man 3 pasti sudah tau kalau istri dari master IP meninggal karena sakit kanker dan ternyata IP Man juga didiagnosa menderita kanker pada bagian leher dan kepala. IP di-vonis hanya memiliki sisa waktu sebulan untuk hidup.

Pertengahan Cerita

Cerita menarik dibalik kepergian IP ke Amerika adalah untuk mencarikan sekolah yang cocok untuk anaknya, IP menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Namun ternyata anaknya ingin berfokus pada beladiri, dan IP tidak mengizinkannya.

Sesampainya di Amerika, IP diajak oleh rekannya untuk mengunjungi China Town yang ada di San Fransisco. Tujuannya adalah memperkenalkan Master Ip dengan Master Wan yang merupakan ketua dari CBA, dimana IP membutuhkan surat refrensi dari Wan umtuk membantu anaknya mendapatkan sekolah di Amerika.

Bagian Konflik

Disinilah konflik alur cerita film ini dimulai, ternyata Master ‘Kung Fu’ yang ada di Chinatown tidak suka dengan apa yang dilakukan Bruce Lee, dimana Bruce membuka sekolah beladiri miliknya dan mengajarkan ‘ChineseKungfu kepada penduduk di Amerika. Master IP justru berpendapat bahwa apa yang dilakukan muridnya adalah hal yang positif.

 

Spoilernya sampai disini aja yah, hal yang menarik dari film IP Man kali ini adalah hadirnya Scott Adkins yang akhirnya akan bertarung hand to hand combat sampai titik penghabisan dengan Master IP. Selain bercerita tentang IP Man, sebagian dari alur film ini juga menceritakan tentang Bruce Lee yang diperankan oleh Kwok-Kwan Chan.

Aksi pertarungan yang dikemas begitu menarik tidak didukung oleh story yang kuat. Film IP Man 4 ini seperti terburu-buru dalam alur timelinenya, akan tetapi tetap layak untuk lo tonton! Tapi ini adalah pendapat gua, bisa jadi berbeda dengan lo.

 

close

Honest Review: ‘IP MAN 4 The Finale'(Spoiler Alert)

Search
close