close

H&M Tutup Ratusan Toko Secara Permanen, Toko di Indonesia Juga?

By Billy Dewanda
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Pandemi corona kembali memakan korban di sektor bisnis

Kehadiran pandemi virus corona menyebabkan banyak sektor kalang kabut menghadapi krisis ini. Mungkin salah satu yang merasakannya adalah sektor bisnis ritel yang sudah mengembangkan tokonya di mana-mana.

Kabarnya, salah satu bisnis fashion yang namanya juga sudah tidak asing lagi di Indonesia, H&M berencana untuk menutup ratusan tokonya tahun ini.

Apakah karena hadirnya virus corona ini juga?

Alasan H&M Menutup Ratusan Toko

via Topcareer.id

Sedikitnya 170 toko H&M yang tersebar di berbagai negara ini akan ditutup secara permanen. Bahkan sejak tahun lalu, sebanyak 40 toko sudah ditutup terlebih dahulu.

Sementara ini penutupan toko H&M dilakukan sebagai tindakan antisipasi mereka untuk mencegah kerugian yang lebih banyak. Menyusul angka penjualan mereka yang terus menurun selama pandemi corona.

H&M Closed All Stores in the USA and Canada in Order to Mitigate ...

Dilansir dari Detik, CEO H&M Helena Helmersson mengatakan bahwa penjualan mereka memang berangsur-angsur membaik seiring dilonggarkannya aturan lockdown ataupun physical distancing.

Pemulihan angka penjualan pun dinilai lebih cepat dari yang diperkirakannya. Maka dari itu, ia memutuskan mengambil langkah antisipasi sebelum semuanya memburuk.

Efter fem män – kvinna ny vd för H&M - Sydsvenskan
via Sydsvenskan

Untuk menyesuaikan cepatnya perubahan perilaku konsumen akibat COVID-19, kami juga mempercepat pengembangan platform digital, mengoptimalkan portofolio toko dan lebih jauh lagi mengintegrasikan koneksi-koneksi,” kata Helena dilansir dari Footwear News.

H&M memang sempat mengalami penurunan penjualan drastis, tentunya karena sejumlah tokonya terpaksa tidak bisa beroperasi karena pandemi virus corona ini. Bahkan Helena pun mengaku kalau ia sempat kebingungan secara finansial.

Namun sampai saat ini, H&M belum memberikan informasi toko di mana saja yang akan ditutup.

Banyak Juga Bisnis Lain yang Tutup Toko Fisik

via Tribunnews.com

Tidak hanya bisnis fashion saja yang melakukan penutupan tokonya. Bisnis teknologi seperti Microsoft saja akhirnya memutuskan untuk menutup semua toko fisiknya dan beralih ke penjualan secara online.

Baca di sini: Microsoft Tutup Semua Toko Fisik, Beralih ke Online

_

Apakah toko H&M di Indonesia juga akan ditutup?

close

H&M Tutup Ratusan Toko Secara Permanen, Toko di Indonesia Juga?