Hindari Scam Virus Corona dengan Langkah-Langkah Ini

lifehacker.com
access_time 1 tahun yang lalu

Some people are not nice

Kepanikan yang muncul karena virus Corona, memicu banyak pihak memanfaatkan kesehatan. Nggak cuma memicu praktik penimbunan masker & hand sanitizer, kini modus kejahatan baru muncul dan beredar lewat internet.

Oknum-oknum ini menjanjanjikan berbagai produk yang diklaim bisa mengobati atau mencegah virus Corona, seperti teh atau essential oil. Padahal penyelidikan Federal Trade Commission (FTC), badan pencegahan praktik bisnis curang dari Amerika, membuktikan bahwa produk-produk tersebut nggak ngasih efek yang sesuai dengan iklan.

Image result for fraud giphy

Beberapa waktu lalu FTC pun mengumumkan beberapa langkah untuk menghindari penipuan virus Corona. Berikut langkah-langkahnya!

  1. Jangan klik tautan dari sumber yang nggak lo kenal. Lo mungkin malah mengunduh virus ke komputer atau perangkat lo.
  2. Waspada terhadap surel yang mengklaim dari pihak pengendali dan pencegahan penyakit atau ahli yang mengaku memiliki informasi terkait virus Corona. Untuk info terbaru terkait virus Corona, lo bisa cek laman resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO).
  3. Hiraukan penawaran online untuk vaksinasi. Saat ini belum ada vaksin, pil, obat, lotion, tablet hisap atau resep atau produk lain yang bisa mengobati atau menyembuhkan penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) – baik di toko ataupun online.
  4. Lakukan riset ketika lo ingin meakukan donasi, baik melalui badan amal atau situs crowdfundung. Jangan biarkan siapapun mendorong lo untuk melakukan donasi secara terburu-buru. Jika ada pihak-pihak yang menginginkan lo untuk memberikan donasi dengan uang tunai atau voucher belanja, mendingan jangan donasi.

Image result for we can do it gif

In a nutshell: kalo lo dapet surel yang nggak biasa terkait dengan virus Corona, terutama jika surel tersebut menyertakan lampiran, instruksi untuk mengklik tautan dan/atau masuk ke akun, atau permintaan uang — lo mesti ekstra hati-hati.

Source: consumer.ftc.gov

close

Hindari Scam Virus Corona dengan Langkah-Langkah Ini

Search
close