Heroik!Anak ini Beli APD Bagi Tim Medis Dari Uang ‘Celengan’ Miliknya

access_time 1 tahun yang lalu

Faith in humanity restored, #RESPECT!

Yasmin Saman Ahmad, anak berusia 6 tahun asal Makassar ini secara sukarela menggunakan uang tabungan yang sudah dia kumpukkan selama dua tahun terakhir untuk akhirnya di sumbangkan.

Ditemani oleh sang ibu, Yasmin mendatangi Posko Jurnalis Perduli Kemanusiaan (JPK) Sulawesi selatan yang berada di Seketariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar diĀ Jalan Toddopuli VII no or 23 A.

‘Untuk bantu membelikan kaka dokter dan perawat baju (APD) di puskesmas dan rumah sakit. Tetap semangat kaka dokter.’, begitu tutur Yasmin yang datang mebawa celengan ikan bewarna kuning. Celengan tersebut berisi uang koin recehan, dan setelah dihitung ternyata jumlahnya adalah IDR.448.800,-.

Melansir dari Liputan6.com, kejadian mengharukan dan heroik tersebut terjadi seminggu yang lalu, tepatnya 03 April 2020. Ibunda Yasmin, Mardiana Rusli menjelaskan kalau apa yang dilakukan oleh Yasmin merupakan insiatif dari sang anak sendiri.

Dirinnya juga menjelaskan kalau hati sang anak tergerak melihat kondisi yang terjadi pada para tenaga medis. ‘Yasmin memang sudah diajarkan menabung sejak berumur dua tahun, dan setiap dua tahun, celengan tersebut dibuka dan hasilnya disumbangkan untuk sesuatu yang berhubungan dengan kemanusian.’, begitu tuturnya.

Bocah 6 Tahun di Makassar Sumbangkan Celengannya untuk Beli APD ...
via Liputan6

Mardiana juga berharap pemerintah dapat bergerak cepat dalam menanangi penyebaran virus Covid-19 di tengah masyarakat dan mengkonsolidasikan gerakan bersama untuk tetap tinggal di rumah dan mengjaga kebersihan diri serta lingkungan. ‘Ikuti himbauan dari pemerintah, kita harus tetap di rumah dan menjaga kebersihan.’- tutup Mardiana yang juga mantan Ketua AJI Makasasar

Yasmin jadi ‘inspirasi’ bagi yang lain

2 hari setelah aksinya, datang lagi dua anak dengan usia yang tidak terpaut jauh dari Yasmin. Mereka adalah Tata dan Unsia yang berusia tujuh tahun, dan sama halnya dengan Yasmin, mereka membawa celengan kalenng yang sudah ditabung selama 6 bulan ke ke Posko Jurnalis Peduli Kemanusiaan yang berada di Sekretariat Aliansi Jurnalik Independen.

2 Bocah SD di Makassar Berikan Tabungannya untuk Beli APD Tim ...
via Kumparan.com

‘Ini untuk dokter biar bisa beli masker, dan ini tabungan kami selama enam bulan.’, begitu tutur Tata seperti di lansir dari Liputan6.com, Minggu (5 April 2020). Lewat kedua anak tersebut, terkumpul uang sebesar IDR.349.000,-, dan aksi merekapun mendapat pujian dari Darwin Fatir selaku Koordinator Jurnalis Peduli Kemanusiaan Sulawesi Selatan.

‘Patut mendapatkan apresiasi, diusia yang masih sangat muda sudah peduli akan kemanusiaan. Kami salut dan bangga, terlebih berterima kasih atas sumbangan yang diberikan.’, begitu tutur Darwin.

Patut diacungi jempol aksi dari adik-adik ini, #respect dik! Tuhan yang balas semua kebaikan yang kalian lakukan!

 

close

Heroik!Anak ini Beli APD Bagi Tim Medis Dari Uang ‘Celengan’ Miliknya

Search
close