Hari Laut Sedunia, Gimana Cara Kita Menjaga Laut Indonesia?

access_time 1 tahun yang lalu

Laut di Indonesia penting untuk dijaga karena di sanalah SDA terkuat kita

Tepat tanggal 8 Juni, diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Peringatan ini dilakukan sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 silam oleh Kanada di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil yang kemudian disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008.

Nah, seperti yang lo tahu, Indonesia sendiri merupakan sebuah negara kepulauan yang menjadikan laut sebagai sumber daya alam (SDA) yang sangat dilindungi dan diandalkan. Terlebih untuk masyarakat yang tinggal di pesisir pantai yang menjadikan laut sebagai hasil pendapatan utama mereka.

Pemerintah pun turut ambil andil dalam pelestarian laut di Indonesia. Hal ini dilakukan supaya SDA yang ada akan tetap terjaga dengan baik.

Ternyata ada berbagai usaha yang bisa dilakukan dalam rangka melestarikan laut kita di Indonesia ini:


Menggunakan metode penangkapan ikan yang legal

BPJS KETENAGAKERJAAN Gunakan Sistem Voucher Bidik Pekerja Informal ...
via Bisnis.com

Mungkin hal ini udah sangat sering disuarakan bahwa penggunaan bom untuk menangkap ikan itu dilarang. Selain menyebabkan polusi air laut, bom ini juga bisa merusak biota-biota laut lain yang ada di dalamnya.

Maka dari itu, para nelayan selalu diimbau untuk menggunakan jaring laut saat akan menangkap ikan. Walaupun cara ini cukup tradisional, namun dengan menggunakan jaring dianggap mampu meningkatkan perekonomian para nelayan.

Harganya yang relatif murah, ini juga dapat menguntungkan para pembuat jaring laut.


Selektif dalam menangkap ikan

Terancam Punah, Stop Makan Tiga Jenis Ikan Ini, Salah Satunya ...
via Okezone

Sikap selektif dalam menangkap ikan ini tentunya sangat penting diperhatikan. Hal ini sebagai bentuk pelestarian ikan-ikan yang hampir punah.

Jadi, sikap ini harus disadari sendiri sepenuhnya untuk lebih memperhatikan ikan-ikan hasil tangkapan. Jika mendapatkan jenis ikan yang sudah hampir punah, sebaiknya dilepaskan.


Menjaga kelestarian ikan dan terumbu karang

Twilight Zone' Kepulauan Karibia Ungkap Ikan Spesies Baru - Global ...
via Liputan6.com

Dalam upaya ini lah yang membuat penangkapan ikan menggunakan bom sangat dilarang. Tidak hanya ikan yang akan mati, namun terumbu karang pun akan ikut dirusaknya.

Upaya pelestarian terumbu karang padahal sangat perlu, bahkan seharusnya dibudidayakan karena di sanalah para ikan berlindung dan mendapatkan makanan.


Penanaman Pohon Bakau

Hutan Bakau Punya Manfaat Banyak Bagi Kehidupan - Suarapalu.com
via Suarapalu.com

Pohon bakau pun juga punya peran dalam pelestarian laut. Tanaman ini adalah salah satu yang paling kuat dan tahan untuk tumbuh di daerah pesisir laut.

Penanaman pohon bakau juga mampu mengurangi erosi laut. Sehingga laut akan semakin terjaga dan terhindar dari efek negatif lain bagi laut.


Menjaga kebersihan laut

Wajib Ditanggulangi, Ini 7 Bahaya Fatal Sampah Plastik di Laut
via IDN Times

Nah, kalau usaha ini sih tidak hanya dilakukan di laut saja, tapi di semua tempat. Menjaga kebersihan laut tentunya sangat penting karena kalau lo membuang sampah sembarangan ke laut, akan sangat berbahaya untuk makhluk hidup di laut.

Sering lihat kan foto-foto ikan yang isi perutnya banyak sampah plastik? Seperti itulah bahaya yang terjadi kalau lo tidak menjaga kebersihan laut.

_

Selamat Hari Laut Sedunia! Semoga laut-laut di Indonesia tetap bisa menjadi SDA yang kuat bagi negara kepulauan ini, baik dalam meningkatkan ekonomi negara maupun masyarakat setempat.

close

Hari Laut Sedunia, Gimana Cara Kita Menjaga Laut Indonesia?

Search
close