Hari ini, Venus Bisa Dilihat dari Bumi!

Hari ini, Venus Bisa Dilihat dari Bumi!
access_time 1 tahun yang lalu

Hari ini pukul 20.20!

Yes, pada jam itu Venus akan dapat terlihat dari bumi! Selama satu minggu kedepan Venus menduduki tingkat keceharan tertinggi di planet.

Thanks to PSBB, warga Jakarta dan sekitar dipastikan bisa melihatnya dan menjadikan Venus teman #DIRUMAHAJA. Planet tersebut akan terlihat begitu cemerlang di barat dan dapat diamati di rasi Taurus.

Ternyata Venus adalah bintang kejora!

Mengutip dari CNNIndonesia, Venus yang sedang cemerlang di Indonesia umumnya lebih dikenal dengan sebutan bintang kejora.

Venus adalah bintang kejora
via Giphy

Bagi yang tertarik untuk bisa mencari rasi tersebut, silahkan unduh aplikasi seperti Google Sky Map atau Star Tracker yang merupakan aplikasi pemantau langit.

Situs Langit Selatan pada 26 April 2020, menjelaskan bahwa bulan sabit tipis dan Venus akan berpasasan dekat, dengan jarak 6 derajat pada rasi Aries setelah matahari terbenam.Keduanya tampak 29 derajat diatas horison barat laut saat matahari terbenam dan perlahan menuju ufuk untuk terbenam pada pukul 20.15.

Kecerahan terbesar pada Selasa 28 April 2020.

Bulan dan Venus yang tampak dekat di langit malam pada tanggal 26 April 2020 pukul 18:30 WIB dini hari. Kredit: Star Walk.
via LangitSelatan

Setelah pertemuan yang begitu dekat dengan bulan, Venus akan bersinar terang untuk dua hari setelahnya dan kecerahan terbesar itu terjadi di hari ini (Selasa, 28 April).

Planet Venus akan bersinar pada magnitudo -4.7, di mana itu merupakan tingkat terang maksimal. Magnitudo sendiri adalah pengukuran kecerahan yang digunakan oleh para astronom, angka lebih rendah menunjukan objek yang lebih tering dan angka negatif berfungsi sebagai penunjuk objek yang sangat terang.

via Giphy

Venus saat ini merupakan objek paling terang nomor dua di langit malam setelah bulan. Hari ini Venus juga akan bersinar lebih dari terang sekitar sembilan kali daripada Jupiter dan dua puluh kali lipat dari Sirius (bintang paling terang di langit malam bumi).

Seperti dilansir dari Space.com, nantinya setelah minggu ini, Venus akan perlahan meredup dan menghilang akibat sorotan matahari di akhir Mei.

Source : CNNIndonesia & Space.com

See you soon Venus!

close

Hari ini, Venus Bisa Dilihat dari Bumi!

Search
close