Hari Ganja Sedunia, Begini Sejarah kode 4/20!

Hari Ganja Sedunia
access_time 3 bulan yang lalu

Tanggal 20 April (4/20) merupakan hari ganja internasional. Sementara itu di Indonesia, ganja termasuk narkotika golongan I yang masih ilegal penggunaannya.

Kali ini, kita bakal bahas soal perayaan ini. Sebenernya, apa sih hubungan antara ganja dan kode 420, dan gimana sejarahnya?

Konspirasi di balik kode 4/20 dan Hari Ganja Sedunia

Hari ganja sedunia, tanggal 20 April
via Tenor

Hari Ganja Sedunia pada tanggal 4 April ini merayakan adanya cannabis culture, tapi belum banyak orang tahu ada apa dengan tanggal ini.

Mengutip TIME, beberapa orang bilang ‘420’ adalah kode antar polisi untuk melaporkan adanya penggunaan marijuana. Ada juga yang mengaitkan dengan tanggal lahir diktator kejam Jerman, Adolf Hitler yang juga tepat di tanggal ini.

Selain itu, ada juga yang berkonspirasi sampai mengutip lagu Bob Dylan ‘Rainy Day Women #12 & 35’ karena 12 x 35 hasilnya 420.

Tapi sayangnya, konspirasi-konspirasi tentang sejarah di balik gimana 4/20 ini bisa berkaitan dengan marijuana ini gak tepat.

Terus, gimana sejarahnya 4/20 bisa berhubungan sama si hijau?

420 hari ganja sedunia
via gifer

Cerita paling kredibel tentang hari ganja ini datang dari Marin County, California. Tahun 1971, lima murid San Rafael High School janjian jam 4:20 p.m. dekat patung ahli kimia Louis Pasteur untuk, ya, mengonsumsi si hijau itu.

Geng bernama ‘Waldos‘ ini beranggotakan Steve Capper, Dave Reddix, Jeffrey Noel, Larry Schwartz, dan Mark Gravich. Nama ‘Waldos’.

Alasan mereka memilih jam itu adalah karena pada jam 4:20, kegiatan ekstrakurikuler sudah selesai. Dan juga, mereka bakal menyebutkan ‘420’ sebagai kode untuk marijuana.

Informasi ini TIME dapatkan langsung dari salah satu anggota geng itu, yaitu Reddix.

Aksi geng waldos dan kenakalannya sampai ‘420’ jadi booming

weed gif
via Giphy

Kami bosan dengan permainan football dan para atletnya. Lalu kami duduk di bawah tribun, sambil merokok doobie, bertanya-tanya kami ngapain di sana.” kata Reddix 2017 lalu.

Gak sampai di situ, anak-anak bangor ini menantang satu sama lain buat melakukan hal-hal aneh di bawah pengaruh ganja. Untuk itu, mereka sebut petualangannya ini ‘Safari‘.

Kemudian, kakaknya Reddix membantu dia untuk ngebantu basis band Grateful Dead, Phil Lesh sebagai kru-nya. Dari situ, grup musik itu punya andil dalam mempopulerkan istilah ‘420’.

Ternyata, anak-anak bangor ‘Waldos’ inilah yang bikin 420 jadi penting di dunia cannabis.

Baca juga:

close

Hari Ganja Sedunia, Begini Sejarah kode 4/20!

Search
close