Hari Anak Nasional Jadi Google Doodle, Begini Sejarahnya dan Tema Tahun 2020!

Hari Anak Nasional Jadi Google Doodle, Begini Sejarahnya dan Tema Tahun 2020!
access_time 1 tahun yang lalu

Diperingati setiap tanggal 23 Juli, Hari Anak Nasional jadi tema Google Doodle.

Hari ini, halaman pencarian Google sedang menampilkan Children Day atau Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Children's Day 2020
via Google

Uniknya Hari Anak disetiap negara sebenarnya berbeda-beda, dan selain Hari Anak Nasional, ternyata ada juga Hari Anak Internasional.

Peringatan Hari Anak Nasional di Indonesia berisi gagasan kepada siapapun dan setiap pihak untuk bisa menghormati hak anak-anak. Selain itu juga menjadi pengingat bahwa negara dan semua orang yang ada di dalamnya harus bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak.

Google sendiri bukan bertama kalinya merayakan Hari Anak Nasional lewat Google Doodle, beberapa tahun sebelumnya mereka juga sudah melakukan hal serupa.

Baca di sini : Subak Bali Jadi Google Doodle, Apa Keistimewaannya?

Hari Anak Nasional sempat berganti tanggal dan nama

Pemilihan tanggal 23 Juli sendiri merupakan keputusan dari Presiden Soeharto lewat Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984 yang memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Pemilihan tanggal tersebut diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. Sebelumnya, seperti dikutip dari Historia.id, penetapan tanggal sudah beberapa kali berganti dengan beragam alasan.

Kongres [gambar] : Kongres KOWANI II, th. 1952 di Bandung | OPAC ...
via https://opac.perpusnas.go.id/
Pertama kali dicetuskan di tahun 1951 pada Kongres Wanita Indonesia (Kowani), peringatan hari anak masih menggunakan kata ‘kanak-kanak’ dan diusulkan untuk diperingati setiap tanggal 3 Juli untuk menyesuaikan dengan perayaan Hari Taman Siswa.

Setelah itu Hari Anak Nasional yang dianggap biasa karna tanggalnya tidak bertepatan dengan momen historis sempat direncanakan untuk di ubah ke 2 Mei bertepatan dengan hari lahir Ki Hajar Dewantara atau 6 juni yang merupakan hari lahir dari Soekarno.

Baca di sini : Suku Baduy Ingin Dihapus dari Google, Apa Alasannya?

Tema Hari Anak Nasional 2020

Sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia, Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 diselenggarakan secara online dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju“.

Tagar #AnakIndonesiaGembiradiRumah menjadi tagline dari peringatan tahun ini. Lewat penyelenggaran online, diharapkan dapat menjangkau seluruh anak di penjuru Indonesia.

Kami berharap acara ini dapat dimanfaatkan sebagai saran pendidikan selama anak berkegiatan di rumah.‘ begitu tutur Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga seperti dilansir Antara News.

Selamat Hari Anak Nasional!

close

Hari Anak Nasional Jadi Google Doodle, Begini Sejarahnya dan Tema Tahun 2020!

Search
close