Hagia Sophia Jadi Masjid, UNESCO Sesalkan Keputusannya

access_time 1 tahun yang lalu

Hagia Sophia jadi perdebatan, mari lihat kembali sejarahnya.

Dunia media sosial sedang diramaikan dengan perubahan Hagia Sophia menjadi sebuah masjid. Perubahan ini berlangsung ketika Presiden Turki telah menandatangani sebuah dekrit pada 10 Juli 2020 kemarin.

Badan Kebudayaan PBB (UNESCO) pun mengatakan bahwa mereka sangat menyesalkan keputusan tersebut tanpa membuat diskusi sebelumnya.

Selain itu, UNESCO juga meminta Turki untuk mematuhi komitmen dan kewajiban hukum sesuai dengan statusnya. Diketahui bahwa Hagia Sophia merupakan museum yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia (World Heritage List).

UNESCO Ajak Turki Diskusi

Hagia Sophia Diputuskan Jadi Masjid, Ini Reaksi AS, Rusia, Hamas ...
via Tribunnews

Dalam sebuah pernyataan, UNESCO meminta pemerintah Turki melakukan diskusi dengan pihaknya.

Sebelum mengambil keputusan apa pun yang mungkin berdampak pada nilai universal dari situs tersebut,” kata pihak UNESCO.

UNESCO mengatakan bahwa prasasti ini mensyaratkan sejumlah komitmen dan kewajiban hukum. Suatu negara harus memastikan bahwa tidak ada modifikasi yang dilakukan terhadap nilai universal luar biasa.

via Giphy

Setiap modifikasi memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu oleh Negara terkait dengan UNESCO dan kemudian jika perlu, pemeriksaan oleh Komite Warisan Dunia,” lanjut UNESCO.

Hagia Sophia sendiri punya nilai simbolik historis dan universal yang sangat kuat. Makanya segala bentuk modifikasi ataupun perubahan harus melalui berbagai pertimbangan dan diskusi terlebih dahulu.

Kata Presiden Turki, Erdogan

Erdogan
via The Jakarta Post

Keputusan Turki mengubah Hagia Sophia menjadi masjid merupakan keputusan Dewan Negara, badan administrasi tertinggi Turki.

Ia mengatakan bahwa bangunan tersebut milik pribadi Sultan Ottoman, Mehmed yang bertanggung jawab untuk mengubah gereja menjadi masjid.

Presiden Erdogan membela keputusannya dan menekankan bahwa negaranya telah menggunakan hak kedaulatannya dalam mengubah bangunan menjadi masjid. Nantinya, ibadah pertama di Hagia Sophia kembali diadakan pada 24 Juli 2020 mendatang.

Sejarah Singkat Hagia Sophia

Ibadah Pertama di Hagia Sophia Ditetapkan pada Jumat 24 Juli 2020 ...

Hagia Sophia sendiri pada awalnya dibangun sebagai basilika bagi Gereja Kristen Ortodoks Yunani. Namun, fungsinya telah berubah berkali-kali.

Bangunan ini pun berhasil didirikan oleh Kaisar Bizantium Constantius pada tahun 360 M.

Kemudian pada tahun 404 M, Hagia Sophia dibakar karena kerusuhan yang terjadi di Konstantinopel akibat konflik politik keluarga Kaisar Arkadios. Pada saat itu pemerintahannya sangat kacau dari tahun 395 M sampai 408 M.

via Tribunnews

Kemudian penerus Arkadios, Kaisar Theodosios II membangun kembali Hagia Sophia dan selesai dibangun pada tahun 415. Namun, gedung ini kembali dibakar pada 523 M.

Sebelum menjadi masjid, Hagia Sophia merupakan sebuah museum yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

_

Gimana pendapat lo tentang perubahan Hagia Sophia menjadi masjid ini?

close

Hagia Sophia Jadi Masjid, UNESCO Sesalkan Keputusannya

Search
close