close

Hafidh Rifai, Siswa SMA Dapatkan Nilai UNBK Sempurna

By Andreas Lee
access_time 9 bulan yang lalu Comments

Ananda Hafidh Rifai Kusnanto, Siswa SMAN 4 Surakarta berhasil meraih nilai sempurna di Ujian Nasional dengan nilai rata-rata 100.

Siswa kelahiran 11 Oktober 2001 mengaku tidak memiliki cara khusus dalam belajar. Namun Hafidh sering menggunakan waktu luangnya untuk belajar

“Waktu belajarnya biasa saja, waktu longgar digunakan untuk belajar,” ujar Hafidh

Dia juga memperbanyak mengerjakan tes-tes latihan UN di waktu luang. Dia tidak sekadar menghafalkan rumus-rumus.

“Banyak mengerjakan latihan soal-soal aja. Dipahami konsepnya,” ujar siswa peraih nilai sempurna.

Selain itu Hafidh Rifai mengaku tidak pernah mengikuti bimbingan belajar karena tidak ingin membebani orangtuanya, semenjak ayahnya meninggal. Hafidh ingin membantu semua kebutuhan yang bergantung pada ibunya. Ibu Hafidh selama ini hanya berjualan mainan anak-anak dengan pendapatan yang tidak menentu. Selain itu Hafidh juga memiliki 3 adik.

“Ibu tidak banyak uang. Takut repotin ibu. Jadi, banyak latiham soal saja di rumah sama belajar buku dari sekolah”, ucap Hafidh.

Selain rajin belajar, Hafidh mengaku tidak kehilangan dunia remajanya. Karena di sela-sela kesibukannya belajar hafidh sering menyempatkan menonton film animasi jepang atau anime. Hafidh kini telah diterima di program studi Teknik Elektro Universitas Gajah Mada, melalui jalur SNMPTN Bidikmisi dengan biaya yang telah ditanggung oleh pemerintah.

Image Source: [Soloraya/Solopos]

close

Hafidh Rifai, Siswa SMA Dapatkan Nilai UNBK Sempurna