Guru Honorer Hidup Hanya dengan Rp200.000 Selama Sebulan, Gimana Caranya?

Guru Honorer Hidup Hanya dengan Rp200.000 Selama Sebulan, Gimana Caranya?
access_time 1 tahun yang lalu

Dengan penghasilannya yang minim, Yan Budi Nugroho tetap sisihkan uang untuk reward buat siswa-siswinya

Mungkinkan bertahan hidup dengan hanya Rp200.000? Buat sebagian orang, hal tersebut mungkin mustahil, namun anggapan tersebut dipatahkan oleh seorang guru honorer bernama Yan Budi Nugroho.

Caranya bertahan hidup dengan Rp200.000 sebulan ia jelaskan lewat rangkaian cuitan di akun Twitternya, @yanbudi18 pada Sabtu (6/6/2020) lalu. Karena berhasil menarik perhatian dan rasa penasaran publik dijagat maya, utas yang ia unggah pun viral.

Yan Budi menjelaskan bahwa setiap bulan ia hanya menghabiskan Rp40.000 untuk bensin. Dengan harga Rp10.000 per liter, Yan Budi pun harus menjaga konsumsi bensin kendaraannya hanya sebanyak 4 liter setiap bulan.

Setelah itu, Yan Budi menyisihkan Rp20.000 untuk tabungan nikah. “Itu kayaknya tidak cukup untuk modal nikah, karena misalnya dihitung selama 1 tahun baru terkumpul Rp240 ribu.”

Sebanyak Rp20.000 juga Yan Budi sisihkan untuk belanja ibu. Karena nominalnya yang kecil, uang tersebut pun hanya cukup untuk beli bumbu dapur.

Untuk jajan, Yan Budi hanya menghabiskan Rp2.000 perhari. Jika ditotal, Yan Budi pun hanya menghabiskan Rp60.000 setiap bulannya.

Ketika kencan bersama pacar, Yan Budi cuma menghabiskan Rp30.000 untuk makan bakso tanpa kerupuk. Kadang ia juga mengeluarkan uang tambahan buat tukang parkir.

Yaaah lumayanlah bisa makan bakso, walaupun tak ajari hemat wkwkwkk. Minumnya es teh manis buat doi, aku es teh tawar aja. Biar doi dapat lauk krupuk 1,” cuitnya.

Sebagai guru, Yan Budi juga tak lupa dengan murid-muridnya. Karena itu, ia menyisihkan uang sebesar Rp30.000 untuk dibagikan sebagai reward buat para murid.

Walaupun gak seberapa, tapi anak-anak seneng. Karena mereka menganggap itu adalah bentuk perhatian dan kasih sayang.”

Karena kesederhanaannya, cuitan tersebut pun sudah di-retweet lebih dari 2.000 kali dan disukai lebih dari 5.000 orang. Mudah-mudahan kisah Yan Budi bisa sampe ke telinga pemerintah setempat deh supaya guru honorer yang senasib dengan Yan Budi  bisa dapet upah layak!

Good luck pak guru Yan Budi Nugroho!

close

Guru Honorer Hidup Hanya dengan Rp200.000 Selama Sebulan, Gimana Caranya?

Search
close