Grimes Jual Jiwanya untuk Proyek Seni

Grimes Jual Jiwanya untuk Proyek Seni
access_time 1 tahun yang lalu

Jiwa Grimes siap dijual untuk harga tertinggi, lengkap dengan dokumen legalnya!

Judulnya bukan clickbait kok. Grimes benar-benar akan menjual ‘sebagian’ jiwanya dalam proyek seninya yang digelar bersama Gallery Platform Los Angeles, Amerika Serikat.

Karya tersebut berjudul ‘Selling Out.’ Mereka yang membeli akan mendapatkan dokumen legal, hasil ‘kolaborasi’ Grimes dengan pengacaranya.

Menurut Bloomberg, Grimes awalnya menetapkan angka USD10 juta atau sekitar Rp147 miliar.

Aku tidak ingin siapapun untuk membelinya,” pungkas Grimes. “Jadi aku memutuskan untuk menetapkan harga USD10 juta supaya karya ini tidak terjual.”

Namun, dengan kondisi krisis akibat pandemi corona yang melanda dunia, penyanyi bernama asli Claire Boucher tersebut merasa angka tersebut inappropriate: “dengan kondisi dunia seperti sekarang ini, apakah kamu mau menjual sesuatu untuk harga USD10 juta?”

Kini, jiwa Grimes pun dijual untuk penawaran terbaik, memungkinan audiens pameran seni tersebut menentukan harganya sendiri.

Grimes GIF - Find & Share on GIPHY

Source: Giphy

Karya-karya Grimes lain yang dijual

Pameran karya Grimes ini akan diadakan di Gallery Platform Los Angeles pada tanggal 28 Mei hingga 3 Juni dan Maccarone Los Angeles dari tanggal 28 Mei hingga 31 Agustus.

Bukan cuma menjual jiwanya, kekasih Elon Musk itu juga menyiapkan sejumlah karya visual.

Aku melihat diri aku sejak awal dan terutama sebagai soerang seniman visual,” ujar Grimes dilansir dari Bloomberg. “Aku selalu merasa aneh bahwa orang-orang mengenalku untuk segi musik.”

relates to Pop Star Grimes Is Selling a Piece of Her Soul

Seldon Crisis from 2016 (source: Grimes)

Karya-karya Grimes meliputi prints, drawings, foto dan karya lainnya. Grimes menjelaskan, karyanya “edgy-looking, anime-horror.” Untuk masalah harga, Grimes tidak ingin harga karya terlalu mahal.

Michele Maccarone dari Maccarone Los Angeles menetapkan harga yang “sesuai dengan biaya produksinya,” tepatnya sesuai dengan nilai karya sesuai untuk “seniman baru yang belum memiliki rekam jejak.”

Ada 30 karya prints reproduksi terbatas yang harga satuannya USD500 (Rp7,3 juta) dan gambar tinta di kertas oleh Grimes, yang kebanyakkan diambil dari buku catatannya, dengan harga USD2,000 (Rp29 juta) hingga USD3,000 (Rp44 juta).

relates to Pop Star Grimes Is Selling a Piece of Her Soul

Grimes’s Untitled (notebook drawing #2), from 2006-08 (source: Bloomberg)

Salah satu karya bernilai paling tingginya menampilkan WarNymph, seorang avatar digital yang diciptakan Grimes dari hasil pindaian tubuhnya sendiri, yang dijual dalam bentuk cetakan pigmen dengan berbagai ukuran.

relates to Pop Star Grimes Is Selling a Piece of Her Soul

WarNymph Prototype #3: WarMachine, 2020 (source: Bloomberg)

Karya ini dibanderol dengan harga sekitar USD5,000 (Rp73 juta) dan USD15,000 (Rp220 juta), tergantung pada ukurannya.

Kalo punya uang Rp147 miliar, lo mau pake buat beli apa? Yuk kasih tau di kolom komentar!

close

Grimes Jual Jiwanya untuk Proyek Seni

Search
close