Google Hentikan Proyek Balon Internet “Loon”

access_time 1 bulan yang lalu

Sejak tahun 2013 silam, Google bersama perusahaan induknya, Alphabet tengah melakukan pengembangan terhadap proyek balon internet mereka bernama Loon. Namun, baru-baru ini pihak Google memutuskan untuk menghentikannya.

Loon ini awalnya menjadi sebuah proyek besar dengan tujuan ingin memberikan akses internet ke seluruh dunia. Kira-kira, kenapa diberhentikan ya?

Google Hentikan Proyek Loon

Google Loon
via TechCrunch

Tarik mundur sedikit, proyek Loon pertama kali diluncurkan pada tahun 2013. Loon sendiri merupakan proyek eksperimental yang lolos dari inkubasi dan berhasil berdiri sebagai anak perusahaan Alphabet pada tahun 2018 silam.

Menurut Google, proyek ini diputuskan untuk diberhentikan karena dianggap membutuhkan waktu yang sangat lama dan resikonya juga cukup besar. Padahal di balik proyek itu, akan ada banyak manfaat yang bisa dimaksimalkan seluruh orang di muka Bumi.

Padahal, proyek Loon baru saja mendapat izin dari pemerintah Kenya untuk dioperasikan di wilayahnya. Sebagai timbal balik, proyek ini juga menargetkan akan membantu masyarakat Kenya yang mengalami musibah bencana alam.

Hadirnya Loon juga menjadi solusi untuk menggantikan BTS (Base Transceiver Station) untuk akses telekomunikasi yang biayanya sangat mahal. Loon akan berada di udara dengan mengantarkan jaringan dan pancaran sinyal internet dari atas sana.

Sepak Terjang Loon

Google Loon
via DW

Loon pertama kali diluncurkan di Kenya pada Juli 2020 lalu. Ada 35 balon udara yang akan mengantarkan akses internet dengan jangkauan kurang lebih 50.000 km persegi di Kenya.

Selain itu, Loon juga sudah berhasil memberikan akses internet untuk daerah-daerah yang terdampak bencana alam. Contohnya seperti di Puerto Rico setelah dihantam Badai Maria tahun 2017, sampai Peru yang dilanda gempa bumi hebat tahun 2019 lalu.

Sebelum Loon, ada juga proyek Alphabet lainnya yang dihentikan Google, yaitu proyek Makani. Sebuah proyek turbin angin yang akan menghasilkan listrik terbarukan.

_

Wah padahal keren ya ada balon udara yang bisa nganterin sinyal internet secara luas. Kira-kira, akan ada proyek apa lagi ya dari Alphabet?

close

Google Hentikan Proyek Balon Internet “Loon”

Search
close