Google Doodle Hari Ini Tampilkan Ilustrasi Benyamin Sueb

access_time 1 tahun yang lalu

Mengenang Benyamin Sueb lewat Google Doodle hari ini!

Tepat tanggal 22 September 2020, tampilan depan mesin pencari Google dihiasi gambar doodle seorang seniman legendaris Betawi, Benyamin Sueb.

Google Doodle menghadirkan ilustrasi wajah komedian, aktor, sekaligus penyanyi Indonesia ini lengkap dengan segala atribut khas Betawi. Mulai dari tanjidor sampai ondel-ondel.

Google Doodle Mengenang Benyamin Sueb

Google Doodle - Benyamin Sueb
via Google

Melalui situs resminya, Google menyebutkan bahwa Doodle hari ini terdapat ilustrasi wajah seorang seniman yang punya hal ikonik dari dirinya. Makanya hal-hal identik dengannya disandingkan dalam Google Doodle tersebut.

Isa Indra Permana adalah ilustrator dari Google Doodle kali ini. Google mengatakan bahwa mereka ingin mengenang Benyamin Sueb yang sudah berkarya lebih dari 50 film dan 300 lagu yang ia buat sendiri.

Adapun pemilihan tanggal 22 September ini bukan karena hari lahir Benyamin Sueb. Tanggal ini berkaitan dengan peresmian salah satu bangunan cagar budaya yang ditujukan untuk mengenang Benyamin Sueb.

Tanggal 22 September 2018 lalu, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta meresmikan Taman Benyamin Sueb. Taman tersebut juga sekaligus menjadi museum perjalanan karir Benyamin Sueb dan Pusat Kebudayaan Betawi

Benyamin Sueb

Benyamin Sueb
via Lokadata

Benyamin Sueb lahir di Kemayoran, Jakarta pada 5 Maret 1939. Ketika usianya empat tahun, ia diajak dengan kakak-kakaknya membentuk grup musik bernama Kaleng Rombeng. Sesuai namanya, alat musik yang mereka gunakan semuanya terbuat dari kaleng dan barang bekas lainnya.

Karir Benyamin Sueb dimulai pada awal tahun 1970-an, mulai dari Intan Berduri (1972) dan Si Doel Anak Modern (1976). Berkat kedua film ini, Benyamin mendapatkan penghargaan Aktor Citra Terbaik di Festival Film Indonesia.

Bahkan, ia juga pernah membintangi 11 film dimana namanya sendiri digunakan dalam judul film. Mulai dari Benyamin Biang Kerok (1972), Benyamin Brengsek (1973), sampai Benyamin Jatuh Cinta (1976).

_

Kalo Lo klik logo Google, mesin pencarian langsung mengarah ke Benyamin Sueb loh!

close

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Ilustrasi Benyamin Sueb

Search
close