Google Akan Hapus Gmail, Drive, dan Foto Tahun 2021 Mendatang?

access_time 10 bulan yang lalu

Secara mengejutkan, Google kabarnya akan menghapus konten Gmail, Google Drive (termasuk Docs, Spreadsheet, Slide, Form, dan lain-lain), dan Google Photos pada 1 Juni 2021 mendatang.

Kabar ini disampaikan langsung oleh pihak perusahaan teknologi multinasional itu melalui keterangan resminya. Apa ya alasan mereka bikin kebijakan itu?

Google Akan Hapus Fitur-Fiturnya?

google
via ggappsfree

Dikutip dariĀ CNBC Indonesia, kebijakan yang dilakukan Google mengacu pada praktik industri yang kini berlaku. Tenang, bukan fitur-fitur yang selama ini membantu kita bekerja yang dihapus.

Aturan baru tersebut akan melakukan penghapusan konten kalau akun Lo tidak aktif lagi selama dua tahun. Jadi seluruh konten di Gmail, Drive, sampai Photos akan dihapus kalau Lo sepertinya sudah tidak membutuhkan dan menggunakannya lagi.

google
via Technobetz

Namun, Google tidak akan menerapkan aturan ini kepada Lo yang penyimpanannya tidak melebihi kuota dan bereputasi baik. Dengan begitu, Lo masih bisa menggunakan berbagai fitur dari perusahaan tersebut.

Meski berlaku pada 1 Juni 2021, mereka akan menerapkannya paling cepat pada 1 Juni 2023. “Setelah 1 Juni 2021, jika Anda tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan, kami akan terlebih dahulu mengirimkan pengingat melalui email dan notifikasi sebelum menghapus semua konten,” kata pihaknya.

Tenang, Lo Masih Bisa Login

google
via TapSmart

Kalau misalnya Lo jadi salah satu orang yang ikut terhapus konten di fitur Google, tenang karena Lo masih bisa login dan menggunakannya. Lagipula kebijakan ini berlaku pada akun perorangan saja.

Untuk Workspace, G Suite for Education, dan G Suite for Nonprofits sampai sekarang tidak ada perubahan kebijakan.

Adapun sebenarnya mereka melakukan penghapusan ini untuk membersihkan dan memberikan ruang lebih banyak supaya hal-hal yang lebih urgentĀ bisa mendapat tempat penyimpanan yang cukup.

_

Apakah file Lo sudah melebihi kuota penyimpanan Google? Coba dicek lagi yuk.

close

Google Akan Hapus Gmail, Drive, dan Foto Tahun 2021 Mendatang?

Search
close