close

Gojek Luncurkan Himpunan Dana Mendukung Mitra Hadapi Covid-19

By Billy Dewanda
access_time 4 hari yang lalu Comments

Sejak maraknya penyebaran virus Corona (Covid-19), ratusan ribu mitra driver dan merchant mengalami penurunan pendapatan seiring berkurangnya mobilitas para pelanggan. Maka dari itu, ada kabar gembira untuk para driver dan merchant, Co-CEO Gojek pada tanggal 24 Maret 2020 mengumumkan akan meluncurkan dana bantuan untuk mendukung mereka yang pendapatannya terdampak.

Peluncuran dana bantuan ini dimaksudkan untuk mendukung stabilitas finansial mitra driver sembari menunggu keadaan kembali kondusif. Dana Bantuan Mitra Gojek (Gojek Partner Support Fund) ini akan dikelola secara langsung oleh yayasan yang baru dibentuk, Yayasan Anak Bangsa Bisa.

Karyawan Gojek Bersatu Himpun Dana untuk Mitra Hadapi COVID-19
Source: Gojek

Hadirnya yayasan baru ini juga berencana untuk bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah, komunitas sosial, dan perkumpulan mitra driver untuk menentukan cara terbaik dalam menyalurkan dana bantuan.

Kalau mau lihat secara rinci, pemberian dana tersebut berasal dari tiga sumber, yaitu 25% dari gaji tahunan Co-CEO dan jajaran manajemen senior Gojek selama 12 bulan kedepan, anggaran kenaikan gaji seluruh karyawan Gojek, dan dari partner korporat Gojek.

Dalam situs resmi Gojek, Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi selaku Co-CEO Gojek mengatakan “Tim kami bekerja tanpa lelah dan tanpa henti untuk mengurangi beban mereka. Kami melakukan berbagai inisiatif mulai dari meluncurkan berbagai program edukasi dan prosedur baru untuk memastikan kesehatan dan keselamatan mitra, memberikan kesempatan bagi pengguna layanan Gojek untuk memberikan tip lebih bagi driver dengan menambahkan pilihan nominal tip hingga Rp 100 ribu di aplikasi kami, hingga memberikan skema bantuan pendapatan untuk mitra driver yang terkena COVID-19. Walaupun upaya-upaya ini membawa dampak positif, kita tidak bisa berhenti sampai di sini.

Gojek Buka-Bukaan Soal Suntikan Dana dari Mitsubishi & Visa
Source: CNBC Indonesia

Dengan pendanaan ini, besar harapan Gojek bisa mendukung mitra Gojek yang merupakan urat nadi bisnis mereka yang saat ini terbatas ruang geraknya. Setidaknya dengan cara ini, Gojek bisa menunjukkan tanggung jawab untuk mendukung seluruh aspek dari kehidupan perusahaan dan masyarakat.

Sepertinya apa yang dilakukan Gojek bisa menjadi contoh buat perusahaan-perusahaan besar untuk saling mendukung untuk berjuang menghadapi pandemi ini. Usaha seperti ini juga bisa membantu mereka memiliki finansial yang stabil untuk tetap mendapatkan kesejahteraan.

close

Gojek Luncurkan Himpunan Dana Mendukung Mitra Hadapi Covid-19