close

Glastonbury Merangkum Setengah Abad Perjalanan dalam Film Dokumenter

By Billy Dewanda
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Melihat lebih dalam proses produksi di balik panggung megah Glastonbury

Pandemi corona datang dan menghancurkan rencana semua orang di tahun ini. Bicara tentang rencana, beberapa festival musik pun sudah punya rencana untuk menghibur lo dengan penampilan dari musisi-musisi ternama.

Jika sebelumnya festival sebesar Coachella dibatalkan dan memilih untuk merilis film dokumenter perjalanan mereka, begitu pula yang dilakukan oleh salah satu festival musik besar asal Inggris, Glastonbury.

via Giphy

Pada 26 Juni 2020 kemarin, harusnya adalah perayaan ke-50 tahun Glastonbury Festival. Salah satu pertunjukan unik yang ada di festival ini adalah NYC Downlow Block9, yang sekarang sudah dirangkum ke dalam sebuah film dokumenter.

Berjudul “Meat Rack“, film dokumenter ini berhasil dibuat seorang diri oleh Harry Lawson yang menjadi sutradara, desain suara, sampai editing video.

Mengenal NYC Downlow

via Resident Advisor

Pertunjukan ini pertama kali hadir dalam Glastonbury tahun 2007 lalu. Sejak saat itu, pertunjukan tersebut berhasil mendapat respon positif dari banyak orang.

Bahkan, banyak dari mereka yang melihatnya menilai bahwa NYC Downlow merupakan salah satu klub malam terbaik yang ada di dunia.

Tempat ini pun berbentuk replika dari sebuah gudang meatpackers yang ada di New York tahun 1982.

Meat Rack

via Resident Advisor

Film dokumenter ini berhasil diabadikan Harry Lawson sejak tahun 2017 silam, dalam sebuah acara bertajuk Donwlow’s 10th Anniversary yang pengambilannya menggunakan format medium.

Selain itu, Meat Rack juga menyuguhkan beragam soundtrack yang berintensitas tinggi seperti halnya lagu-lagu yang diputar pada sebuah klub malam.

Dalam proses produksinya, ternyata Lawson juga banyak memanfaatkan sinema arthouse untuk menciptakan atmosfer remang-remang demi visual yang surealis.

Di Balik Panggung Megah Glastonbury

via NME

Lawson juga memberikan visualisasi bagaimana proses pembuatan venue megah dari Glastonbury. Bagaimana persiapan dari masing-masing performer juga diperlihatkan Lawson sebelum mereka naik ke atas panggung menyapa para penonton.

Block9 dan The Downlow Radio juga menggalang dana untuk berbagai kegiatan amal, seperti Runnymede Trust and Médecins Sans Frontières/Doctors Without Borders.

_

Tonton film dokumenter Glastonbury dalam “Meat Rack” di bawah ini.

close

Glastonbury Merangkum Setengah Abad Perjalanan dalam Film Dokumenter