Gimana Sih Cara Beradaptasi di Lingkungan Baru?

access_time 2 tahun yang lalu

Proses adaptasi dilingkungan baru adalah salah satu kegiatan yang sebenarnya sedikit malesin. Karena harus menebak personaliti orang baru di sekitar. Butuh waktu untuk bisa beradaptasi di lingkungan yang baru dan terkadang bingung untuk memulai percakapan dari mana. Berikut ini adalah tips agar bisa beradaptasi dan bersosialisasi di lingkungan baru.

Memulai Saja Percakapan

Ketika dalam lingkungan baru, ada beberapa hal yang dilematis untuk dilakukan kalau diam terus takut dibilang jutek, kalau tiba-tiba hangat takut dikira Sok Kenal Sok Dekat (SKSD).

Jika dibandingkan efek negatifnya, pilihan kedua lebih baik. Sebisa mungkin kita bersikap hangat dengan senyum, menyapa bahkan membuka percakapan. Walau terlihat SKSD tapi, lama-lama juga bisa berbaur lah ya? Tapi ingat, jangan sampe kelewat sok asik, nanti banyak yang kesel. Jadi lah apa adanya saja.

Berani Bertanya

Lingkungan baru tentu asing bagi diri, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya mengethui keadaan sekitar dengan bertanya pada orang sekitar. Wajar kita banyak bertanya, malah orang yang ditanya pun tentu tak akan risih, tentu mereka akan welcome karena ingin tahu lebih jauh mengenai lingkungan ini.

Ikut Saja Kalau Diajak

Mulailah ambil partisipasi dalam kegiatan yang diadakan di sekitar lingkungan, pokoknya ikut aja kalo diajak, biar bond dengan orang sekitar. Misalnya diajak kebar pulang kantor, hal itu justru adalah tempat untuk ngobrol bareng mereka dan membuat hubungan semakin erat.

Jadi Diri Sendiri

Meski berada dalam lingkungan yang masih belum jelas karena masih meraba-raba, rasanya tidak perlu jaim dan membuat diri menjadi jadi sok keren. Cepat atau lambat, waktu akan tetap membongkar siapa diri dan karakter kita. Untuk itu, demi kenyamanan dalam bergaul dan interaksi, tetaplah jadi diri sendiri. Tapi, jangan sampai jadi kurangajar juga.

 

close

Gimana Sih Cara Beradaptasi di Lingkungan Baru?

Search
close