Gempa “Hantam” Indonesia Berkali-Kali dalam Seminggu Terakhir, Ini Titik Guncangannya!

access_time 1 tahun yang lalu

Banyak gempa yang terjadi di Indonesia minggu ini, berikut adalah kumpulan gempa yang terjadi.

Beberapa minggu terakhir, pasti lo sering mendengar berita atau bahkan ikut merasakan gempa yang melanda Indonesia. Beberapa wilayah di Indonesia merasakan getarannya dengan kekuatan yang cukup kencang.

Entah apa yang sedang terjadi dengan keadaan di bawah tanah Indonesia, tapi rasanya beberapa hari ini sering sekali terjadi gempa.

Berikut adalah kumpulan beberapa gempa yang terjadi di wilayah Indonesia seminggu terakhir ini:


Banda Aceh

Gempa bumi tektonik magnitudo 5,5 telah mengguncang wilayah pantai barat Kota Banda Aceh, Sumatra Utara. Kejadian ini berlangsung pada Senin, 13 Juli 2020.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan kejadian ini terjadi tepat di wilayah Samudera Hindia Pantai pada pukul 07.58 WIB.

Sempat khawatir karena pusat gempa berada di laut, namun warga Aceh diminta tenang karena gempa ini tidak berpotensi tsunami.


Yogyakarta dan Jawa Tengah

Di hari yang sama, BMKG juga menyampaikan bahwa gempa tektonik juga terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Gempat tersebut berkekuatan magnitudo 5,1. Meskipun tepat di laut selatan pulau Jawa, tapi gempa ini juga tidak berpotensi tsunami.


Rangkasbitung

Kalau gempa yang satu ini sempat membuat kaget warga Jakarta juga. Walaupun tepatnya berada di Rangkasbitung, Banten namun getarannya terasa sampai sebagian wilayah Jakarta.

Gempa yang terjadi pada 7 Juli 2020 ini berkekuatan magnitudo 5,4 dan tidak berpotensi tsunami.


Jepara

Di hari yang sama dengan Rangkasbitung, gempa terjadi lebih dulu di Jepara, Jawa Tengah. Gempa tersebut terbilang cukup besar karena berkekuatan magnitudo 6,1.

Walaupun terbilang cukup besar, gempa ini tidak berpotensi tsunami dan tidak ada laporan kerusakan akibat kejadian ini.


Pangandaran

Terakhir juga ada gempa yang terjadi di Pangandaran, Jawa Barat. Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 ini juga tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini juga terjadi di hari yang sama dengan Rangkasbitung dan Jepara. Karena di hari tersebut (7 Juli 2020) dalam satu hari terjadi empat gempa secara berturut-turut.

_

Cukup banyak gempa yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia seminggu terakhir. Stay safe!

close

Gempa “Hantam” Indonesia Berkali-Kali dalam Seminggu Terakhir, Ini Titik Guncangannya!

Search
close