Gelora Bung Karno Dinobatkan Sebagai Stadion Terfavorit di Asia Tenggara

Gelora Bung Karno Dinobatkan Sebagai Stadion Terfavorit di Asia Tenggara
access_time 1 tahun yang lalu

Berdasarkan polling, Gelora Bung Karno Raih 58 persen suara!

Gelora Bung Karno terpilih menjadi stadion terfavorit di kawasan ASEAN. Hal ini terungkap lewat polling yang dilakukan Asian Football Confederation (AFC) sejak 1 Mei hingga 7 Mei lalu.

GBK menang cukup telak. Stadion tersebut meraih 58 persen suara, sementara National Stadium Bukit Jalil Malaysia berada di posisi kedua dengan 19 persen suara.

AFC menyebut stadiun berkapasitas 77.193 kursi tersebut sebagai stadion yang sangat menakjubkan. Salah satu kemegahan GBK yang disorot AFC adalah atap oval ikonik GBK yang dikenal dengan sebutan ‘temugelang.’

Stadion ini dikenal sebagai venue yang paling ‘hidup’ dibanding tempat-tempat lain di kawasan (Asia Tenggara),” jelas AFC di situs resminya.

Selain GBK dan National Stadium Bukit Jalil Malaysia, AFC tentu menyebut beberapa stadiun lain seperti Stadium Australia di Sydney, Stadion My Dinh di Hanoi dan Stadion Rajamangala di Bangkok.

Stadion Utama | https://gbk.id

Source: gbk.id

Stadion Gelora Bung Karno dibangun untuk perhelatan Asian Games ke IV tahun 1962. Awalnya, GBK dibangun dengan kapasitas melebihi 120.000 tempat duduk. Namun pada tahun 2007, stadion tersebut direnovasi menjelang Piala Asia 2007 yang menyebabkan tempat duduk di tribun menjadi berkurang.

Stadion ini baru tuntas lagi direvonasi pada 2018 lalu. Di tahun yang sama, GBK juga sempat menjadi salah satu stadion paling terang di dunia.

Stadion Utama GBK kini memiliki berbagai fasilitas berstandar internasional. Dilengkapi dengan teknologi teranyar, kini GBK bukan hanya sekadar tempat olahraga, tapi juga mampu mengakomodir aktivitas lain seperti kegiatan keagamaan hingga kampanye politik.

Pada aspek keamanan, GBK juga sudah mengikuti standar FIFA. Dalam kondisi darurat, dalam waktu 15 menit, stadion sudah harus kosong.

One word to describe GBK? Write down in the comments below!

close

Gelora Bung Karno Dinobatkan Sebagai Stadion Terfavorit di Asia Tenggara

Search
close