✈️ Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Fakta yang Bikin Melongo

By
access_time 4 minggu yang lalu

Walau namanya kelihatan remeh, tapi gaji tukang parkir pesawat sempat bikin geger dengan nilainya yang fantastis. Apa iya?

Tukang parkir terkenal sebagai fenomena unik di Indonesia. Saat kita baru datang, dia tidak ada. Saat kita mau cabut, eeeh.. dia nongol. Itu keunikan pertama. Yang kedua, penghasilannya yang sebenarnya bukan sedikit, meski yang ia kumpulkan adalah recehan. Apalagi di tempat ramai seperti minimarket, ATM, tongkrongan ngopi dan kulineran serta masih banyak lagi.

Nah, bagaimana dengan profesi juru parkir pesawat? Bahkan mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, ternyata ada ya profesi itu? Ada dong. Yuk kita bahas biar makin kenal dengan mata pencaharian unik ini.

Beda jukir pesawat dengan jukir biasa

Sumber: Unsplash/Josue Isai

Ya pasti beda banget. Mulai dari lapak kerjanya, jenis dan ukuran kendaraan yang mereka bantu parkir, skill mengarahkan parkirnya, serta gajinya yang pasti. Kalau parkiran mobil dan motor bisa mereka maksimalkan kuotanya sampai rapat, pesawat tidak bisa demikian. Ada mekanisme pengaturan yang sudah sistematis sesuai SOP penerbangan. Jadi, pilot nggak pernah keki dengan kemunculan mereka, karena ya memang butuh banget.

Koordinasi dengan pilot

gaji tukang parkir pesawat
Sumber: Indozone

Nah, pilot dan tukang parkir pesawat ini CS banget. Tahu sendiri kan kalau take off dan landing itu momen yang cukup kritis. Belum lagi kalau berada dalam cuaca yang kurang cerah atau bahkan badai. Selain berkoordinasi dengan tim penerbangan di bandara, tukang parkir pesawat inilah yang turun langsung di lapangan dan memastikan tidak ada halang rintang sekecil apapun sehingga pesawat bisa mendarat atau lepas landas dengan aman.

Gaji tukang parkir pesawat setara dengan skill setnya

Sumber: Metro Jateng

Menjadi tukang parkir pesawat juga nggak asal pakai rompi oranye seperti tukang parkir pada umumnya. Bayaran yang mantul alias mantap betul itu karena tanggung jawab kerja dan skill setnya lumayan mumpuni. Seharinya, mereka bisa bertanggung jawab atas 5 pesawat atau lebih, dengan jam kerja yang cukup panjang. Bisa dari pagi sekali hingga petang. Atau petang sampai besok paginya.

Minimal pendidikan adalah SMA atau sederajat, kemudian mata yang tajam tanpa minus atau kekurangan menjadi nilai lebih. Juru parkir pesawat ini akan berbekal amunisi yang membuat kinerja mereka aman dan nyaman, Seperti peredam telinga, tongkat parkir LED, sepatu berujung besi, hingga jaket neon.

Jadi, berapa sih gaji tukang parkir pesawat

Sumber: JPNN

Dengan tanggung jawab dan level kerjaan seperti itu, nggak mungkin kan ya mereka narik lima ribu perak ke pesawat? Melansir dari beberapa sumber, sempat ada hal yang bikin melongo. Dalam setahun, sempat ada yang menyebut gajinya para juru parkir pesawat ini bisa sampai IDR 500 juta setahun. Hah? Yang bener???

Nah, ternyata hal ini mendapat sanggahan dari Direktur Operasional salah satu anak BUMN untuk pelayanan penerbangan. Di Indonesia sendiri, gaji tukang parkir pesawat atau yang biasanya kita sebut Marshaller di Indonesia tidak sampai sefantastis itu.

Meski demikian, ada benarnya bahwa gaji yang diterima cukup menjanjikan. Yaitu sekitar UMR daerah masing-masing atau di angka RP 4-6 juta tiap bulannya. Tentunya ada juga tunjangan dan penyesuaian seperti ketentuan ketenagakerjaan.

Apapun profesinya, yang paling penting itu adalah amanah. Mereka ikut bertanggung jawab atas keselamatan penumpang pesawat dan seluruh awak kabinnya. Dan jangan pernah remehkan siapapun dengan latar belakang mereka. Coba bayangkan kalau kita naik pesawat dan ternyata hari sedang hujan atau baru saja turbulensi. Banyak orang yang ternyata hadir untuk keselamatan kita kan?

close

✈️ Gaji Tukang Parkir Pesawat dan Fakta yang Bikin Melongo

Search
close