Foto Selfie Pegang KTP Dijual Online, Kominfo Telusuri!

Foto Selfie Pegang KTP Dijual Online, Kominfo Telusuri!
access_time 3 bulan yang lalu

Lagi-lagi data bocor, kini foto selfie pegang KTP dijual online

Baru-baru ini beredar postingan dari base twitter, adanya praktik penjualan foto selfie pegang KTP lewat Facebook. Seorang oknum gak bertanggung jawab menyebar dan memperjualbelikan banyak foto orang yang lagi megang KTP.

“Ready KTP Selfie HD minta PM aja bahan masih fresh.” tulis oknum tersebut.

Hal ini tentunya merupakan pelanggaran, data merupakan hak pribadi seseorang gak boleh tersebarluaskan begitu saja tanpa ini pemiliknya. Tapi ini malah diperjual belikan begitu saja.

Kominfo turun tangan telusuri dugaan jual beli foto selfie pegang ktp

Kementerian Komunikasi dan Informartika (Kominfo) melakukan penelusuran tentang informasi atas dugaan penjualan foto selfie yang beredar pada media sosial ini.

“Kami sedang melakukan penelusuran lebih lanjut terkait informasi mengenai dugaan penjualan foto selfie KTP secara tidak sah,” kata Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo melalui keterangan tertulis kepada CNN.

Dari temuan nanti, langkah selanjutnya akan segera pihaknya tindak lanjut. Pihaknya juga akan berkoordinasi lebih lanjut, baik secara internal maupun dengan lembaga-lembaga terkait.

Selain itu, ia juga memaparkan bahwa seluruh Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) juga wajib mematuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Salah satunya ketentuan tentang pengamanan sistem elektronik dan perlindungan data pribadi.

Selain Kominfo, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri juga ikut turun tangan menyelidiki kasus penyebaran data pribadi oleh oknum ini.

“Sedang dilakukan penyelidikan terhadap informasi tersebut,” kata Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono kepada CNN.

Kasus jual beli data pribadi di Indonesia

Jaminan keamanan data pribadi di negara ini kayaknya memang belum bisa kita percaya 100 persen. Apalagi belum lama ini juga 279 juta data penduduk bocor dan terjual secara ilegal pada sebuah forum. Yaitu situs raid forum.

Namun hingga saat ini belum terungkap  siapa pelakunya, apalagi ketangkap.

close

Foto Selfie Pegang KTP Dijual Online, Kominfo Telusuri!

Search
close