FIFA Uji Coba 5 Peraturan Baru Sepak Bola

access_time 1 minggu yang lalu

Beberapa hari terakhir, FIFA tengah melakukan uji coba terhadap peraturan baru dalam pertandingan sepak bola. Terhitung ada lima aturan baru yang dieksperimen sebelum musim 2021/2022 bergulir.

Bisa dibilang, semua peraturan ini cukup unik dan mendambah pengalaman baru dalam melangsungkan pertandingan. Apa saja aturan baru yang diuji coba?

5 Peraturan Baru yang Diuji Coba FIFA

Dalam melakukan uji coba aturan baru, FIFA memproyeksikannya kepada sejumlah tim U-19. Mulai dari PSV Eindhoven, AZ Alkmaar, RB Leipzig, dan Club Brugge menjadi tim yang turut merasakan untuk pertama kalinya bertanding dengan aturan baru tersebut.

Meski begitu, aturan baru ini masih jauh dari kata pengesahan oleh FIFA. Sebab eksperimen aturan baru ini masih harus melalui trial and error, sosialisasi kepada seluruh tim, dan menerima aspirasi dari para penikmat sepak bola.

Berikut lima aturan baru yang diuji coba FIFA:

Satu Babak 30 Menit

FIFA UJI COBA ATURAN BARU
Archysport

Biasanya, kita dapat menikmati satu babak pertandingan sepak bola selama 45 menit. Namun kini FIFA mencoba memangkas durasi tersebut menjadi 30 menit per babaknya.

Artinya durasi satu pertandingan akan menjadi lebih cepat karena hanya memakan waktu satu jam. Jika aturan ini terealisasi, maka akan jadi perubahan yang paling signifikan dalam sejarah peraturan sepak bola.

Ketika Bola Keluar Lapangan, Waktu Berhenti

FIFA UJI COBA ATURAN BARU
SportsPro Media

Walaupun durasi per babak dipangkas menjadi 30 menit, FIFA telah menyiapkan aturan pelengkapnya. Ketika bola keluar lapangan, maka waktu akan berhenti.

Setelah dipikir-pikir, durasi 30 tiap babaknya seperti waktu bersih di pertandingan basket. Sebab selama ini durasi 45 menit merupakan waktu kotor ketika bola keluar lapangan atau ada pemain yang cedera.

Pergantian Pemain Tanpa Batas

FIFA UJI COBA ATURAN BARU
Reuters

Selama ini, pergantian pemain dibatasi hanya tiga orang dan selama pandemi Covid-19 ditambah menjadi lima orang. Namun eksperimen kali ini membuat pergantian pemain tanpa batas.

Jika terealisasi, sejumlah tim akan diuntungkan karena dapat menurunkan seluruh pemain berbakat mereka untuk bertanding.

Throw In Menjadi Kick In

Marca

Apabila bola keluar lapangan, biasanya pemain harus melakukan lemparan ke dalam menggunakan tangan. Namun dalam eksperimen ini, peraturan futsal coba diterapkan dengan melakukan kick in atau tendangan ke dalam.

Kalau benar-benar terealisasi, kemungkinan aturan ini menjadi yang sangat berbahaya bagi tim karena akan lebih mudah direbut lawan dibandingkan lemparan ke dalam.

Kartu Kuning, Pemain Keluar Lapangan 5 Menit

Reuters

Ini menjadi salah satu aturan yang cukup unik. Jika ada pemain yang kedapatan melakukan pelanggaran dan mendapat kartu kuning, ia harus keluar lapangan selama lima menit. Ketika lima menit tersebut sudah berlalu, pemain diizinkan kembali memasuki lapangan.

Jika terealisasi, mungkin peraturan ini akan menjadi sangat krusial apabila terjadi di akhir pertandingan. Lima menit bukanlah waktu yang sebentar dalam sebuah pertandingan karena apapun bisa terjadi dalam hitungan detik.

Tim yang mengalaminya harus membangun pertahanan terkuat karena kekurangan pemain di lapangan.

_

Itu dia lima peraturan baru yang diuji coba FIFA. Kira-kira, mana aturan yang kalian paling setuju untuk diterapkan?

close

FIFA Uji Coba 5 Peraturan Baru Sepak Bola

Search
close