Fenomena Frost di Dataran Tinggi Dieng Diburu Wisatawan

access_time 2 tahun yang lalu

Dieng merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan kondisi alam yang indah nan mempesona. Baru-baru ini, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah mengalami fenomena frost atau embun beku yang menyerupai salju.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, fenomena alamiah ini terjadi setiap tahun di Pegunungan Dieng.

Fenomena alamiah Dataran TInggi Dieng ini diburu oleh banyak wisatawan untuk mengabadikan momen tersebut. Kepala UPT Dinas Pariwisata Dieng, Aryadi mengatakan, embun es atau upas muncul di dataran tinggi Dieng saat terjadi penurunan suhu. “Suhu di Dieng saat malam hari berkisar antara minus 2 derajat Celicius hingga minus 5 derajat Celcius. Fenomena embun salju ini banyak diburu wisatawan untuk selfie,” katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menanggapi penyebab terjadinya fenomena frost ini ternyata adalah hal yang normal.

“Menyikapi kondisi suhu dingin yang menyebabkan terjadinya fenomena embun beku di wilayah dataran tinggi Dieng dalam beberapa waktu belakangan ini, kejadian kondisi suhu dingin tersebut merupakan fenomena yang normal”, dalam caption situs BMKG.

Menurut BMKG, kondisi suhu dingin tersebut akan lebih terasa dampaknya di wilayah dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah) dimana dearah pegunungan lainnya pada kondisi ekstrim dapat menyebabkan terbentuknya embun beku atau frost.
close

Fenomena Frost di Dataran Tinggi Dieng Diburu Wisatawan

Search
close