Fakta Menarik Final Euro 2020 Italia vs Inggris

access_time 4 bulan yang lalu

Berikut fakta menarik pertemuan Italia dan Inggris.

Partai final Euro 2020 sudah di depan mata. Pertemuan dua negara kuat, Italia dan Inggris akan berlangsung di Stadion Wembley pada Senin (12/7) pukul 02.00 WIB.

Jika dilihat dari sejarah pertemuannya, kedua tim memiliki peluang yang sama untuk juara. Mengingat catatan head to head dari kedua negara tidak ada ketimpangan satu sama lain.

Sambil menanti laga final Euro 2020, mari simak fakta menarik terkait pertemuan Italia vs Inggris.

Sejarah Pertemuan Italia dan Inggris

Fakta Menarik Final Euro 2020 Italia vs Inggris

Dalam catatan sejarahnya, Italia dan Inggris sudah bertemu setidaknya sebanyak 27 kali pertandingan. Namun dari total pertemuan itu, Italia terhitung lebih banyak meraih kemenangan atas Inggris.

Gli Azzurri berhasil meraih 10 kemenangan dan The Three Lions mendapat 8 kemenangan. Sedangkan sembilan pertandingan sisanya selalu berakhir imbang.

Fakta menariknya, dari total 27 pertandingan Italia vs Inggris, keduanya sama-sama berhasil mencetak 35 gol. Jadi sudah ada 70 gol yang tercipta sejak pertama kali mereka bertemu di 13 Mei 1933 sampai terakhir 27 Maret 2018.

Pada Turnamen Besar, Italia Tak Pernah Kalah dari Inggris

Fakta Menarik Final Euro 2020 Italia vs Inggris

Secara keseluruhan Italia memang lebih unggul dalam catatan pertemuannya dengan Inggris. Khususnya di sebuah turnamen besar, nyatanya Italia tidak pernah kalah dari Inggris.

Turnamen tersebut adalah Piala Eropa dan Piala Dunia, di mana keduanya sudah pernah bertemu sebanyak empat kali pada kedua ajang tersebut. Dari total pertemuannya di final, Italia selalu meraih kemenangan.

Apakah final Euro 2020 kali ini Inggris akan mematahkan rekor tersebut? We’ll see.

Pertama Kali Inggris Masuk Final Piala Eropa

Hasil Euro 2020: Italia vs Inggris di Final

Keberhasilan Sterling cs mengalahkan Denmark membuat The Three Lions untuk pertama kalinya mencicipi final Piala Eropa. Pasalnya sejak turnamen diadakan dari tahun 1960, timnas Inggris belum pernah lolos sampai puncak turnamen.

Jika final Euro 2020 nanti pasukan Inggris dapat mengalahkan Italia, itu artinya untuk pertama kalinya mereka berhasil menundukkan Italia di final.

Capaian tersebut juga sekaligus akan menjadi trofi Piala Eropa pertama yang dibawa pulang Inggris.

Italia Lanjutkan Tren Tak Terkalahkan

Fakta Menarik Final Euro 2020 Italia vs Inggris

Seperti yang kita tahu, sejak babak penyisihan grup Euro 2020, Italia belum sekalipun mencicipi pahitnya kekalahan.

Nyatanya, tren tak terkalahkan tersebut sudah berlangsung sudah sangat lama. Terhitung sejak 2018 sampai semifinal Euro 2020, Italia belum pernah terkalahkan dalam 33 pertandingan terakhir mereka.

Namun, capaian ini masih belum dapat mengalahkan Brazil dan Spanyol yang punya catatan tak terkalahkan dalam 35 laga terakhir.

_

Jadi, kira-kira siapa yang layak menang di final Euro 2020 nanti?

close

Fakta Menarik Final Euro 2020 Italia vs Inggris

Search
close