Facebook Perkenalkan Aplikasi Gaming, Biar Pengguna Betah #DIRUMAHAJA!

aplikasi facebook gaming
access_time 1 tahun yang lalu

Pandemi virus corona jadi alasan!

Di tengah situasi yang sedang dihadapi sebagian besar penduduk di seluruh dunia, kebutuhan akan hiburan terutama game menjadi begitu meningkat.

facebook app
via Giphy

‘Kami melihat adanya pelonjakan angka gaming selama periode karantina ini.’, Sepertinya itu alasan utama Facebook yang dikabarkan akan merilis aplikasi gamingAplikasi yang awalnya direncanakan untuk rilis di bulan Juni 2020, dipercepat menjadi Senin, 20 April 2020.

Serius di gaming

Menurut data yang diperoleh Facebook, lebih dari 700 juta pengguna mereka memiliki ketertarikan terhadap konten berbasis gaming dan perusahaan besutan Mark Zuckerberg sepertinya tidak main-main.

Facebook gaming apps
via The NewYork Times

Fidji Simo selaku head of Facebook app menjelaskan kalau investasi di dunia game sudah menjadi prioritas bagi mereka, dan mereka melihat gaming sebagai hiburan yang bisa menghubungkan satu dengan yang lain.

‘Itu bukan saja sebuah hiburan pasif yang hanya bisa dinikmati, melainkan sebuah hiburan interaktif dan bisa menyatukan banyak orang.’, begitu seperti dikutip dari The New York Times.

Go Live, Bersaing dengan Twitch dan Youtube

Aplikasi milik Facebook nantinya akan memiliki beberapa jenis game dan akses untuk komunitas gaming, namun sukses atau tidaknya akan banyak bergantung pada performa mereka menggaet orang untuk menyaksikan dan membuat live game streams.

Salah satu fitur utama dari aplikasi gaming milik Facebook adalah Go Live, fitur tersebut berfungsi untuk mempermudah para pengguna untuk mengunggah streams dari aplikasi game mobile lainnya pada perangkat yang sama hanya dengan menekan beberapa tombol.

Aplikasi game facebook
via The NewYork Times

Nantinya streams tersebut dapat di bagikan pada halaman akun pribadi Facebook dari orang tersebut, dan berpontensi untuk memudahkan mereka yang tertarik untuk menjadi amateur streamers.

Fitur tersebut seolah menjadi sentilan bagi Twitch yang saat ini duduk di peringkat nomor satu aplikasi streaming mobile game. Di mana Twitch mengharuskan orang untuk lebih dahulu menginstal aplikasi pihak ketiga atau menghubungkan mobile device mereka ke komputer.

Facebook Gaming apps bebas iklan

Selain fitur di atas, salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah tidak ada iklan! Cara perusahaan tersebut mendapatkan uang adalah ketika penonton memberikan ‘bintang‘ kepada streamers.

aplikasi bebas iklan
via Giphy

Facebook juga menjelaskan kalau mereka akan berfokus pada aplikasi berbasis mobile, karena mobile experience jauh lebih menarik di banding dengan komputer. ‘Dengan mobile, aplikasi yang sedang terbuka akan jadi tampilan utama. Kalian tidak bisa melakukan hal lain, itulah alasan kenapa sangat powerful.’, begitu tutur Vivek Sharma selaku Vice President Facebook untuk gaming.

Selain itu Sharma juga berharap kalau aplikasi ini bisa membantu mereka para penonton live streams yang mungkin juga ingin memiliki channel live stream gaming tersendiri.

Wah semakin banyak deh hiburan gaming yang bisa nemenin #dirumahaja, FYI aplikasi ini nantinya akan tersedia dalam versi Android terlebih dahulu, versi Apple dikabarkan akan segera menyusul.
close

Facebook Perkenalkan Aplikasi Gaming, Biar Pengguna Betah #DIRUMAHAJA!

Search
close