Facebook Minta Maaf Atas Gangguan, Pastikan Data Pengguna Aman

Facebook Minta Maaf Atas Gangguan, Pastikan Data Pengguna Aman
access_time 2 minggu yang lalu

Respon atas gangguan Facebook selama lebih dari 6 jam

Facebook akhirnya angkat suara soal akar masalah yang menyebabkan gangguan selama lebih dari 6 jam.

Tim teknis kami telah mempelajari bahwa perubahan konfigurasi pada router utama yang mengkoordinasikan arus jaringan antara pusat data kami telah menyebabkan gangguan komunikasi,” jelas Facebook lewat laman blognya.

Gangguan pada arus jaringan ini menyebabkan efek riam pada proses komunikasi pusat data kami, hingga akhirnya menghambat layanan kami.

Zuckerberg Testimony GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Baca juga: Bunga Tabebuya Bermekaran di Surabaya, Disebut Mirip Sakura Jepang

Data pengguna aman

Lebih lanjut, pihak Facebook juga minta maaf atas gangguan yang terjadi, serta memastikan bahwa data pengguna masih aman dari kebocoran.

Kami memahami dampak gangguan ini pada kehidupan orang-orang, dan kami bertanggung jawab untuk memastikan semua orang memahami gangguan yang terjadi pada layanan kami,” tutup blog post tersebut.

Kami mohon maaf kepada mereka yang terdampak, dan kami akan terus bekerja agar kami memahami apa yang terjadi hari ini supaya kami bisa membangun infrastruktur yang lebih kuat.”

Gangguan terbesar sejak 2008

Perlu diketahui, gangguan Facebook, Instagram dan WhatsApp yang berlangsung beberapa waktu lalu adalah gangguan terbesar yang terjadi sejak tahun 2008.

Ketika itu, sebuah bug menyebabkan membuat Facebook offline selama seharian. Hanya sebagian kecil dari 3 miliar pengguna yang masih bisa mengakses layanan tersebut ketika hal ini terjadi.

 

close

Facebook Minta Maaf Atas Gangguan, Pastikan Data Pengguna Aman

Search
close