Elon Musk Yakin di Masa Depan Manusia Bisa Jadi Penjelajah Interstellar?

Elon Musk Yakin di Masa Depan Manusia Bisa Jadi Penjelajah Interstellar?
access_time 2 bulan yang lalu

Mulai dari dunia ‘Star Trek‘, ‘Star Wars‘, sampai ‘Avengers‘ adalah hal yang kita rasa nggak mungkin terjadi di dunia nyata, tapi sepertinya bukan ini yang Elon Musk yakini.

Orang terkaya dunia sekaligus bos perusahaan roket SpaceX ini yakin kalau manusia bisa hidup berpindah-pindah tata surya di masa depan nanti.

Memang, ia terkenal sangat optimis dengan cita-citanya bikin koloni di Mars.

Elon Musk percaya manusia bisa lampaui ‘Great Filter‘?

Lewat Twitter-nya, Elon Musk merespon pertanyaan dari salah satu akun pengikutnya tentang ‘Great Filter‘.

Great Filter‘ sendiri mengacu pada pernyataan filosofis yang berkaitan dengan apakah suatu spesies akan bertahan hingga mencapai tahap penjelajahan luar angkasa.

Ngomong-ngomong @elonmusk kalau kita bisa ke Mars atau manusia bisa bikin koloni di Mars, secara umum kita jadi spesies multiplanet. Apa maksudnya itu dan bagaimana posisi kita mengacu pada Great Filter?” cuit akun @PPathole.

Kalau kita mampu bikin hidup yang berkelanjutan di Mars, kira bakal melampaui salah satu filter terbesar. Ini menjadikan kita penjelajah interstellar.” jawab Musk.

Selain itu, ia juga menjelaskan kalau Bumi ini berusia 4,5 miliar tahun, tapi kehidupan masih belum multiplanet. Jadi, tak pasti berapa banyak waktu tersisa untuk menjadi seperti itu.

Untuk bikin kehidupan interstellar, butuh 1.000 kapal

Elon Musk Yakin di Masa Depan Manusia Bisa Jadi Penjelajah Interstellar?
via Giphy

Terkenal dengan cita-citanya membuat koloni di Mars, Elon Musk dan SpaceX mengembangkan roket Starship yang mengangkut orang dan kargo di sekitar tata surya. Tujuan akhirnua, mendaratkan manusia di Mars pada 2026 dan mulai berkoloni tahun 2050.

Berulang kali, ia memang menyatakan tujuan akhir dari perusahaannya itu adalah memastikan kelangsungan hidup jangka panjang umat manusia sebagai suatu spesies.

Agar kehidupan menjadi multiplanet, kita mungkin butuh 1.000 kapal, atau sesuatu seperti itu,” kata Elon Musk awal November dalam acara Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional AS.

Apakah lo mau hidup di dunia canggih yang bisa pindah-pindah antarplanet?

Baca juga:

close

Elon Musk Yakin di Masa Depan Manusia Bisa Jadi Penjelajah Interstellar?

Search
close