close

Donald Trump Di-Suspend Twitch, Apa Alasannya?

By Billy Dewanda
access_time 1 minggu yang lalu Comments

Lagi-lagi Trump jadi bahan pembicaraan orang karena kampanyenya, kenapa ya?

Sepertinya akhir-akhir ini nama Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sering jadi pembicaraan banyak orang karena tindakannya. Sebelumnya, Trump sempat mendapat kecaman dari beberapa musisi ternama, salah satunya seperti Brendon Urie (Panic! At The Disco) karena lagunya dipakai dalam kampanye Trump.

Baca di sini: Donald Trump Kena Marah Brendon Urie, Kenapa Ya?

Sekarang, Trump baru saja ditindak tegas oleh salah satu layanan streaming video game, Twitch dengan men-suspend akun kampanyenya,

Langkah ini dilakukan Twitch setelah akun Trump diidentifikasi melanggar aturan layanan berupa perilaku yang mengandung kebencian. Oleh karena itu, pihak Twitch langsung menghapus konten yang dianggap melanggar tersebut.

Alasan Akun Trump di-Suspend

via The Mercury News

Dilansir dari Detik, salah satu streaming akun Trump menayangkan ulang di mana sang Presiden mengatakan Meksiko mengirim pemerkosa ke AS. Menurut Twitch, pernyataan Trump tersebut dianggap bagian dari rasis.

Seperti lainnya, politisi di Twitch harus mematuhi ketentuan layanan dan pedoman komunitas kami. Kami tidak membuat pengecualian untuk konten politik atau berita, dan akan mengambil tindakan terhadap konten yang dilaporkan kepada kami karena melanggar aturan,” kata juru bicara Twitch dilansir dari The Verge.

Twitch Bisa Saja Menutup Akun Trump

via GAMEXRAN

Diketahui bahwa ternyata Trump telah membuat akun di Twitch sejak Oktober 2019 lalu. Ia membuatnya sebagai salah satu sarana kampanyenya pada Pilpres AS yang akan diselenggarakan pada November 2020 mendatang.

Kemudian di-suspend-nya akun Donald Trump menjadi pembuktian Twitch atas pernyataan sebelumnya, di mana mereka bersumpah akan menindak pelecehan dalam komunitas.

via One Angry Gamer

Sampai saat ini, akun Trump masih dinon-aktifkan bersifat sementara dan bisa saja sewaktu-waktu dibuka kembali aksesnya. Namun Twitch bukanlah penakut, mereka bisa saja menutup secara permanen akun Trump tersebut.

_

Menurut gue sih langkah yang dilakukan Twitch sangat tepat. Ia tidak memandang siapa orangnya, kalau dia sudah melanggar, aturan harus tetap dijalankan.

Gimana menurut lo?

close

Donald Trump Di-Suspend Twitch, Apa Alasannya?