Dettol Bisa Bunuh Virus Corona? Begini Penjelasannya

access_time 1 tahun yang lalu

Nggak perlu panic-buying Dettol

Di tengah pandemi Corona, Dettol viral di jagat maya. Alasannya, produk antiseptik sekaligus desinfektan tersebut disebut-sebut bisa membunuh virus Covid-19.

Dugaan tersebut mencuat karena tulisan kemasan Dettol yang menyebutkan bahwa produk tersebut bisa membunuh virus Corona manusia.

Hal ini menyebar di media sosial sejak Rabu 18 Maret lalu lewat akun twitter dengan nama pengguna @ainaarezal.

Kita semua telah menggunakan Dettol selama bertahun-tahun, tetapi belum membaca sampai saat ini yang jelas tertulis dalam deskripsi bahwa Dettol mampu melawan virus korona. Zoom dengan cermat dan baca di bawah virus dan beri tahu semua orang.

Tapi bener nggak sih Dettol bisa membunuh Covid-19?

Memahami Virus Corona

Untuk mencegah adanya kesalahan persepsi, Dettol pun menjelaskan lewat laman resminya.

Walaupun mulai dikenal publik sejak tahun 2019, virus Corona bukanlah virus baru. Virus ini udah ada sejak tahun 1965 dan masih satu keluarga dengan SARS dan MERS.

Virus Corona yang muncul pertama kali di Wuhan, Cina, adalah jenis baru yang kini kita kenal dengan sebutan Covid-19.

Mengingat Covid-19 adalah jenis baru dan baru pertama kali menyerang manusia, belum ada uji Dettol (atau produk desinfektan lain) terhadap Covid-19.

Image result for lab giphy

(Virus Covid-19) belum tersedia untuk pengujian komersil,” tulis pernyataan dalam laman resmi Dettol.

Walaupun demikian, Dettol mengklaim bahwa produk tersebut telah menunjukkan efektivitas terhadap jenis virus corona, jika digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan.

Kami terus bekerja dengan mitra kami untuk mendapatkan pemahaman terbaru tentang virus ini dan akan mengujinya terhadap berbagai produk kami, setelah otoritas kesehatan menyediakan strain uji coba,” tulis pernyataan itu lagi.

Tetep harus cuci tangan

Walaupun belum ada uji coba, cuci tangan tetap jadi langkah esensial untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Para ilmuwan menjelaskan bahwa sabun -dari sabun mahal bahkan sampe sabun murah sekalipun- terbilang efektif untuk membunuh virus.

Image result for washing hands giphy

Hal ini dikarenakan kemampuan sabun yang mampu menghancurkan lapisan lemak yang melindungi virus. Hal yang sama juga berlaku untuk hand sanitizer, walaupun tingkat efektivitasnya nggak setinggi sabun.

close

Dettol Bisa Bunuh Virus Corona? Begini Penjelasannya

Search
close