Desa Masa Depan di Bulan Karya Arsitek Amerika Mulai Dipamerkan

Desa Masa Depan di Bulan Karya Arsitek Amerika Mulai Dipamerkan
access_time 5 bulan yang lalu

Desa masa depan di bulan jadi rancangan terbaru firma arsitektur asal Amerika Serikat, Skidmore, Owings & Merrill (SOM) yang dipamerkan dalam sebuah acara arsitektur.

Rancangan bernama “Life Beyond Earth, a Vision for a Moon Village ini, menjadi salah satu karya yang mencuri perhatian dalam acara arsitektur bergengsi, Biennal Arsitektur Venesia Internasional ke – 17.

Desa masa bulan di depan hadirkan ekosistem berkelanjutan

Dikembagnkan bersama European Space Agency (ESA), instalasi dari SOM ini menampilkan ekosistem berkelanjutan yang akan mendukung kehadiran manusia di bulan.

Selain itu, proyek ini juga menegaskan pentingnya eksplorasi ruang angkasa sembari menyoroti potensi untuk memajukan pengetahuan dan membantu mengatasi masalah di Bumi.

Desa Masa Depan di Bulan Karya Arsitek Amerika Mulai Dipamerkan
via Kompas.com

Adapun tempat tinggal yang dihadirkan oleh SOM berupa sebuah modul yang dirancang dalam kerangka kaku dengan cangkang struktural tiup.

Jika diperhatikan lebih detaikm akan terlihat habitat yang menunjukan teknit dan teknolgi yang sekaligus memberikan gambaran kehidupan sehari-hari di permukaan bulan.

Jadi gambaran kehidupan masa depan?

Sementara itu, Direktur Associate SOM Georgi Petrov mengatakan bahwa pameran ini dirancang untuk mendidik serta menginspirasi audiens dari semua latar belakang. Terlebih penawaran eksplorasi ruang angkasa di masa depan.

Di sisi lain, Mitra Desain SOM Collin Koop mengatakan kemitraan SOM dengan ESA setidak menunjukan bagaimana kolaborasi interdisipliner dapat mendukung eksporasi ruang angkasa.

“Dibutuhkan pendekatan yang tidak konvensional untuk proyek ini. Kami menggabungkan keahlian industri bangunan dan ruang angkasa serta menerapkan pengetahuan dari bidang arsitektur, perencanaan kota, sains, perdagangan, dan psikologi,” pungkas Koop.

Lebih lanjutnya, Life Beyond Earth menjawab pertanyaan besar dalam pameran di Venezia kali ini, yaitu tentang gambaran babak baru dalam evolusi masyarakat.

Top image via Kompas.com

close

Desa Masa Depan di Bulan Karya Arsitek Amerika Mulai Dipamerkan

Search
close